PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY
Abstract
The research objective is to design, analyze the implementation, analysis and evaluation system to analyze improving student learning outcomes using discovery learning model in mathematics in grade V SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. This study uses classroom action research, conducted at SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Data collection technique used observation, questionnaire, and documentation and analyzed by qualitative descriptive hereinafter dipersentasekan and categorized. Conclusions of research are: (1) Design of the learning plan using discovery learning model with the syntax of the provision of stimuli, problem identification, data collection, data processing, verification and draw conclusions. (2) The implementation of learning using discovery learning model mathematics courses can improve learning activities teachers and students. (3) Evaluation of learning with ten multiple choice questions about each cycle with the score reaches ?0,7 validity and reliability levels reached ? 0.7.
Tujuan penelitian adalah mendesain, menganalisis pelaksanaan, menganalisis sistem evaluasi dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan di SDN 1 Segalamider Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta dianalisis dengan deskriptif kualitatif yang selanjutnya dipersentasekan dan dikategorikan. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Desain perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery dengan sintak pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran guru dan siswa. (3) Evaluasi pembelajaran dengan soal pilihan ganda sebanyak sepuluh soal setiap siklus dengan skor validitas mencapai ?0,7 dan tingkat realibilitas mencapai ? 0,7
Kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran discovery
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hernawan, H A dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Upi Press.
Joyce, Bruce & Marsha Weil. 2011. Models of Teaching. Amerika : A. Pearson Education Copmpany.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.
Sadiman, A.S, dkk.2003. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta : Pustekom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudjana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.