PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BIDANG STUDI IPA UNTUK ANAK AUTIS

Septi Utami, Sudjarwo Sudjarwo, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) kondisi bahan ajar yang ada dan potensi bahan ajar yang akan dikembangkan, 2) efektivitas, dan 3) kemenarikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Poncowarno Kabupaten Pringsewu. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, angket dan tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kondisi pembelajaran masih berpusat pada guru, dan belum tersedianya media yang tepat untuk anak autis, sehingga anak autis kurang termotivasi untuk belajar menggunakan sumber belajar hanya buku paket dan berpotensi untuk dikembangkan bahan ajar berupa media cerita bergambar. 2) Produk media cerita bergambar efektif dengan hasil posttest lebih besar dari pre test, 86,66% > 60%, 3) Daya tarik media cerita bergambar dalam kategori menarik (89,58%).

The purpose of this study were to describe: 1) the condition and potencies of the existing teaching materials, 2) effectiveness, and 3) attractiveness of the subject material.The approach used in this study was research and development. The collection of data used observation, unstructured interviews, questionnaires, and test. The conclusions of this study were: 1) the learning conditions were still centered on the teacher, and the unavailability of appropriate media for autistic children, so that they less motivated to learn. They used only textbook as learning resources and there are potencies to be developed of teaching materials such as picture series media, 2) the product was effective as the posttest score was higer than that of the pretest (88,66%>60%), 3) the attractiveness of media of picture series in the category of attractive (89,58%).

Kata kunci: anak autis, cerita bergambar, media


Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational Research An Introduction (4th ed). New York: Longman Inc.

Budiningsih Asri, C. 2008. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Diba, dkk. 2013. Autism Care Center Dengan Pendekatan Behaviaour Architecture di Jakarta Timur. Jurnal Faktor Exacta, Vol 6, No 6: 24-34. ISSN: 1979-276X

Elmaiya, N. 2014. Perancangan Buku Cerita Bergambar tentang Kedatangan Cheng Ho ke Semarang. Jurnal Karya Ilmiah.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Haniah, M. 2015. Kisah Insfiratif Anak-Anak Autis Berprestasi. Yogyakarta: Diva Press.

Karwono & Mularsih, Heni. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfa atan Sumber Belajar. Ciputat: Cerdas Jaya.

Marienzi, R. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pedidikan Khusus, Vol.1, No. 3.

Pieters, T. 2012. Panduan Autis Terlengkap: Hubungan Antara Pengetahuan Teoritis dengan Intervensi Pendidikan Bagi Penyandang Autis. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Reformasi Bagi Guru Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Thobroni, M., 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.