PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES non-EXAMPLES DAN PICTURE and PICTURE

Evi Retta Aritonang, Budi Koestoro, Arwin Surbakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan, 2) perbedaan prestasi belajar biologi siswa yang dibelajarkandenganmodel pembelajaran Examples non-Examples dan Picture and Picture, 3) perbedaan prestasi belajar biologi siswa pada materi sistem pencernaan yang mempunyai motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Examples non-Examples dan Picture and Picture, Penelitian dilakukan di SMA Persada Bandar Lampung kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling.Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada interaksi antara model pembelajaran (sig 0,017<0,05), motivasi belajar (sig 0,000<0,05), serta interaksi model dan motivasi (sig 0,014<0,05), 2) rata-rata prestasi belajar siswa biologi siswa yang menggunakan model Examples non-Examples lebih tinggi dibandingkan dengan Picture and Picture(86,32>83,64).

Study aimed to analyze 1) the interaction between the learning model and motivation on student learning achievement in digestive system materials, 2) differences in biology learning achievement of students that was learned using Examples non-Examples learning model and Picture and Picture, 3) differences in biology learning achievement of students in digestive system materials that have a low learning motivation that was learned using Examples non-Examples and Picture and Picture.The study was conduceted in Persada Senior High School, Bandar Lampung in class XI IPA 1 and XI IPA 2. Sampling technique used cluster random sampling.The conclusions of this study were 1) there was no interaction between learning model (sig 0.017>0.05), learning motivation (sg 0.000<0.05), and interaction models and motivation (sig 0.014<0.05), 2) The average of biology learning achievement of students who used model Examples non-Examples were higher than those who used Picture and Picture.

Kata kunci: examples non examples,media gambar,picture and picture


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperatif Learning Teoridan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Depdiknas. 2003. Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rahman. 2008. Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Bandung: Alqaprint

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Reformasi Bagi Guru Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rohani A. 2004. Pengelola Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Schunk, Dale.H. (terjemahan Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar). 2012. Learning Theorie. Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Buana Pustaka

Kurniasih, Imas.2015. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena


Refbacks

  • There are currently no refbacks.