PENINGKATAN KEMAMPUAN STAKEHOLDER PENGELOLA DANA BOS MELALUI PELATIHAN BERBANTUAN KOMPUTER
Abstract
This study aimed to: 1) describe the planning of computer-assisted training program, 2) describe the implementation process of training, 3) describe the assessment of training activities for managing BOS, 4) describe the ability of the manager of BOS independently. School action research method was conducted in SD Negeri 3 Banjar State Way Five Pesawaran. Data were collected via tail observation and documentation, as well as analyzed by qualitative descriptive. The conclusions of this research are: 1) planning is done based on the results of the analysis of training needs, because the subject of the action requires increased ability to use Software alpeka BOS TS-11b in Microsoft Excel, because there are many errors in the manufacture BOS budget report, and this is done manually, a needs analysis was designed training school action-based systems, processes and resource utilization, 2) the training process is done with material development, optimization media and, evaluation, 3) assessment conducted with comprehension tests, and observations.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan program pelatihan berbantuan computer, 2) mendeskripsikan proses pelaksanaan pelatihan, 3)mendeskripsikan asesmen kegiatan pelatihan bagi pengelola BOS, 4) mendeskripsikan kemampuan pengelola BOS secara mandiri. Penelitian dengan metode Tindakan Sekolah dilaksanakan di SD Negeri 3 Banjar Negeri Way Lima Pesawaran.Data dikumpulkan melalaui observasi dan dokumentasi, serta dianalisis dengan diskriptif kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah : 1) perencanaan dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan pelatihan, dikarenakan subjek tindakan memerlukan peningkatan kemampuan menggunakan Software alpeka_BOS_TS-11b pada Microsoft Excel, karena masih banyak kesalahan dalam pembuatan loporan anggaran BOS, dan hal ini dilakukan secara manual, analisis kebutuhan dirancang pelatihan tindakan sekolah berbasis sistem, proses dan pemanfaatan sumber, 2) proses pelatihan dilakukan dengan pengembangan materi, optimalisasi media dan, evaluasi, 3) asesmen dilakukan dengan tes pemahaman,dan observasi.
Kata kunci: kemampuan stakeholder, pelatihan berbantuan komputer, pengelola dana BOS
Full Text:
PDFReferences
Danim Sudarwan, 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Cetakan 1, Mei 2008. Bandung : Penerbit CV. Pustaka Setia
Ikka Kartika A. Fauzi, 2011. Mengelola Pelatihan Partisipatif. Cetakan kesatu, Agustus 2011. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta
Majid Abdul, 2015. Stategi Pembelajaran Cetakan keempat, Agustus 2015. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya
Munir, Rinaldi.2011. Bandung : Algoritma & Pemrograman Teori dan Praktik dalam Pascal Edisi Kedua Informatika
Nasution S, 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Cetakan kelima belas. Jakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara
Suprijanto.2006.Pendidikan Orang Dewasa, Dari Teori Hingga Aplikasi. Yogyakarta : Bumi Aksara
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitasif dan R&B cetakan ke-21, Febuari 2015, 2015. bandung : Penerbit Alfabeta
Warsita Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran, landasan dan aplikasinya cetakan pertama, Desember 2008. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta
Yamin, Moh.2015. Teori dan Metode Pembelajaran, Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membagun Karakter : Malang : Jatim, Penerbit Madani (Kelompok Intrasn Publishing) Wisma Kalimetro.
Refbacks
- There are currently no refbacks.