PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA EDMODO DAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Abstract
This research aimed to find the differences in mathematics learning outcomes using edmodo and worksheet in 8th grade of Islamic High School Ar-Raihan Bandar Lampung. The method used in this research was experimental. Based on the result of data analysis prerequisite test showed that the data are not normally distributed. So the hypothesis testing was using non-parametric Mann Whitney. The results showed: (1) there are no differences in learning outcomes of students who use edmodo and worksheet; (2) there are differences in learning outcomes of high motivation studentsgroup who using edmodo and worksheet; (3) there are no differences in learning outcomes of low motivation studentsgroup who using edmodo and worksheet; (4) there are differences in learning outcomes of high motivation studentsgroup and low motivation studentsgroup
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar matematika menggunakan media edmodo dan lembar kerja peserta didik, ditinjau dari motivasi peserta didik kelas VIII SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data didapatkan bahwa data berdistribusi tidak normal.Sehingga pengujian hipotesis menggunakan uji Non Parametrik Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan lembar kerja peserta didik; (2) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan media lembar kerja peserta didik; (3) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi rendah yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan media lembar kerja peserta didik; (4) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah
Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, matematika.
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Lampung: Universitas Lampung.
Miarso, Yusufhadi. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: PUSTEKOM-DIKNAS
Widodo, Trihadjanto. 2015. Evaluasi Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Matematika di SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Woolfolk, Anita. 2008. Educational Psychology: Active Learning Edition. Pustaka Pelajar.
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.