MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS

Ani Andriyani, herry yufrizal, eko suyanto

Abstract


This research is aimed to analize: 1) there is any correlation between instructional Make a Match model and Teams Games Tournaments model with the entry behavior towards structure uses on question taq mastery. 2) The difference of structure on question tag mastery by using Make a Match model and Teams Games Tournaments. 3) The difference of structure on question tag mastery by using Make a Match model and Teams Games Tournaments at high entry behavior student group. 4) The difference of structure on question tag mastery by using Make a Match model and Teams Games Tournaments at low entry behavior student group.

Keyword: Question Tag, MaM,TGT


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Abdulhak. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariefian. 2010. Teori Kognitif. http://ariefian84.wordpress.com/2010/06/08/teori-kognitif/

Azhar,Betty Schrampfer. 1989 Understanding and Using English Grammar. New Jersey: Prentice Hall.

Alice Maclin. 1996. A Hand Book of English as a Second language. Washington D.C: United States Information Agency.

Bloom,Benyamin S. 1977. The New Direction in Educational Research: Alternate Variables. Phi Delta Kappan.

Catharina. 2004. (http://www.maswins.com/2011/04 /pengertian-belajar-danpembelajaran.html,diaksespada

tanggal 4 agustus 2011)

Curran,Lorna. 1994. Model-model pembelajaran yang efektif. http://muhfida.com/model-modelpembelajaran-yang-efektif/,

diakses pada tanggal 3 agustus 2011

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar.Rineka Cipta.Jakarta

Djamarah dan Aswan. 2006. Ciri-ciri Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Dick,W.and Carey,L.1996. The Systemic Design of Instruction. Harper Collins College Publisher.

Ekocin, 2011. MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS TGT ). http://ekocin.wordpress.com/2011/

/17/model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/, diakses pada tanggal 3 agustus 2011)

Fuchan, A. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Faizah, Ngadiatun. 2009. Penerapan Model Pembelajaran dengan menggunakan Teams Games Tournaments di SMAN .1 Semarang: Undip

Gagne, Robert, M. 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran.Terjemahan. Munansir, Jakarta.

Hartandi. Yudi. 2011. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Kompetensi dasar. Bandung: UPI

Herdian. 2012. apa-perbedaannya-modelmetode-strategi-pendekatan-danteknikpembelajaran.http://herdy07.wordp

ress.com/2012/03/17/apaperbedaannya-model-metodestrategi-pendekatan-dan-teknikpembelajaran/diakses tanggal 7 september 2012.

Hidayat, S. Kosadi. 2001. Kemampuan Mahasiswa Asing pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Membaca Wacana Bahasa Indonesia. Bandung: UPI

Habib. 2011. Metode pembelajaran Kooperatif. http://santriapis.blogspot.com/2011/08/metode -pembelajaran-kooperatifoleh.html/diakses tanggal 7 oktober Handayani, Sugeng. 2009.

Jurnal http://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-1-no-2-sugenghandayani.pdf/diakses tanggal 13 agustus 2012

Hartandi, Yudi. 2011. Jurnal UPI model cooperative learning tipe make a match. http://jurnal.upi.edu/penjasor/view/746/penggunaan-modelcooperative-learning-tipe-make-a-match-pada-pembelajaran-bahasainggris-untuk-meningkatkan-hasilbelajar-siswa-pada-kompetensidasar-membaca-nyaring-bermaknateks-fungsional-dan-esei-pendeksederhana-berbentuk-procedure-dikelas-ix-a-sm.html

Kerlinger.N,Fred. 1985. Penelitian Behavioral. Eugene,Oregon.

Lie. 2008. Pengajaran Bahasa Asing: Antara Sekolah dan Kursus. Artikel pada harian Kompas tanggal 8 Juli 2012.

Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Masdin. 2009. English Course. http://www/language.com/english course/unit57-grammar.htm./diakses tanggal 20 Oktober 2012.

Mulyana. 2007. Pengembangan Profesi Guru. Bandung.LPMP.

Murphy, Raymond.1990. English Grammar in Use. Cambridge: Cambridge University Press.

Moeliono, M., Anton. dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nurweni, A. 2007. How Many English Words Do the Senior High School Students Acquire Per Week?. TEFLIN Journal, 8, 1 : 103-115.

Nurweni, A. 2005. How to teach Vocabulary. Makalah dalam instruktur Bahasa Ilmiah di Universitas Lampung tanggal 24- 28 Januari 2005.

Nasir. 2003. Model Penelitian Pendidikan.http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/PENELITIAN_PENDIDIKAN/BBM_5.pdf./Diakses tanggal 11September2012.

Nasution. 1995. Motivasi Belajar. Usaha Nasional. Surabaya.

Nur, Indahwati. 2010. Penerapan pembelajaran kooperatif model make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA. Yogyakarta: UMY

Owen dalam Stiawan. 2006. Pengertian bahasa http://wismasastra.wordpress.com/ 2009/OS/25/apa-Bahasa-itusepuluhpengertian-Bahasamenurut-para-ahli.diakses pada tanggal 3 agustus 2011)

Pusat Perbukuan Departemen Nasional. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Bahasa Inggris http://www.diwww.dikdasdki.go.id /download/standarbuku/bahasaasin g.doc

Purwanto, Ngalim. 1986. pengertian Bakat. Usaha Nasional. Surabaya

Riduwan dan Kuncoro Engkos. 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis.

Rakhmat, Jalaludin. 2000. Pengertian bahasa. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Karakteristik Model pembelajaran Kooperatif http://mukhliscaniago.wordpress.com/2011/12/30/karakteristik-modelpembelajaran-kooperatif/diakses tanggal 5 Agustus 2012

Ramlan, M. 2009. Ilmu Bahasa Indonesia: “ Sintaksis.” Yogyakarta: CV Karyono. Sadiman. 2006. http://www.slideshare.net/iswantosa hir/Prinsip dalam belajar. Diakses tanggal 3 oktober 2011

Suprijono, Agus. 2009. Karakteristik Pembelajaran. http://allforedu.blogspot.com/2012/06/karakteristik-pembelajarankooperatif.html. Diakses tanggal 23 Agustus2012.

Saiful Amin, 2011. Metode Make a Match: Tujuan, Persiapan, dan Implementasinya dalam Pembelajaran.

http://s4iful4min.blogspot.com/2011/02/metode-make-match-tujuanpersiapan-dan.html,diakses pada tanggal 3 agustus 2011 Sakri, Ajat. 2010. Bangun Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit ITB Sagala Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta

Siyanto. 2007. Pengertian Belajar. Rineka Cipta. Jakarta

Smarapradhipa. 2005. Apa bahasa itu http://wismasastra.wordpress.com/2009/OS/25/apa-bahasa-itusepuluhpengertian-bahasa-menurut-para-ahli/,diaksespada tanggal 3 agustus 2011)

Sobari, Teti. 2006. Model pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta

Sudirman.1992. Pengertian motivasi. Tarsiti. Bandung

Sutarsyah. 2003. Word- Definition Matching Format. A Vocabulary Level for EFL Students. Paper disajikan dalam The lst TEFLIN International Conference. Bandung.

Suprijono. 2009. JurnalUPI http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d0251_060925_chapter2.pdf

Suprijono. 2010. Langkah-langkah pembelajaran make a match. Pustaka Pelajar. Jogjakarta diakses 25 Agustus 2012.

Suyanto. Kasihani K.E. 2007. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Syakira. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi. http://syakirablog.blogspot.com/2009/01/faktorfaktor-yang mempengaruhi.html.23 januari2011

Syah, Muhibin. 1999. Kemampuan individu pada pendidikan. Jenggala Pustaka Utama. Kediri.

Syah, Muhibin. 2006. Kemampuan Awal. Jenggala Pustaka Utama. Kediri.

Trianto. 2010. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: kencana prenada media Group.

Tarigan, Henry, Guntur. 2000. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

Winataputra Udin. 2008. Pengertian belajar dan pembelajaran. Dengan http://www.maswins.com/2011 /04/pengertian-belajar-danpembelajaran.html. diakses pada tanggal 4 agustus

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.