PERBEDAAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAY DAN TEKNIK PERCAKAPAN SINGKAT
Abstract
This research aimed to identify the differences of students speaking skill: (1) using role play technique and short conversation technique, (2) using role play technique and short conversation technique through high motivation, (3) using role play technique and short conversation technique through low motivation. The approach of the study used quasi experimental at SMKN 3 Bandar Lampung on XI Hotel Acomodation 1 & 2. The data were taken by test and analyzed by paired ANAVA and t-test. The results showed that there are differences between: (1) using role play technique and short conversation technique, (2) using role play technique and short conversation technique through high motivation, (3) using role play technique and short conversation technique through low motivation, and (4) identifying an interaction among the techniques and motivation toward students speaking skill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbicara peserta didik: (1) menggunakan teknik role play dan teknik percakapan singkat, (2) menggunakan teknik role play dengan teknik percakapan singkat memperhatikan motivasi tinggi, (3) menggunakan teknik role play dengan teknik percakapan singkat memperhatikan motivasi rendah, (4) antara teknik yang digunakan dan motivasi peserta didik.Pendekatan penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan, dilaksanakan di SMKN 3 Bandar Lampung pada kelas XI jurusan Akomodasi Perhotelan 1 & 2. Data diambil menggunakan angket, test, kemudian dianalisis dengan paired ANOVA dan t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara: (1) kemampuan berbicara peserta didik menggunakan teknik role play lebih tinggi dari teknik percakapan singkat, (2) kemampuan berbicara peserta didik menggunakan teknik role play dan teknik percakapan singkat dengan memperhatikan motivasi tinggi, (3) keterampilan berbicara peserta didik menggunakan teknik role play memperhatikan motivasi rendah, (4) teknik yang digunakan dan motivasi terhadap kemampuan berbicara siswa.
Kata kunci : keterampilan berbicara, motivasi, role play
References
Brown, H. Douglas. 2011. Logman : Teaching By Principles.
Harmer. 2007. Pengantar Psikologi Pendidikan Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Slavin, R.E. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sugiono. 2008. Pemanfaatan Buku Teks Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV.Remaja Karya
Wright, C,.Bacigalupa, C,. Black, T,. Burton, M. 2011. Window into Children Thingking: A Guide to Storytelling and Dramatization. Early Childhood Education J 2008. 35: 363-369
Refbacks
- There are currently no refbacks.