PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN HAM PADA PELAJARAN PPKn

A. Heni Setio Rahayu, Pargito Pargito, Irawan Suntoro

Abstract


The objective research was to know and analyze the Value Clarification Technique model application for making human right realization in learning process of civic education learning. This research used classroom action research. The result of the research showed that learning plan by using VCT learning Model in cycle I obtained 15 score with not good category, cycle II obtained 20 scores with good category, and cycle III obtained 27 scores with very good category. The learning implementation of teacher ability in managing the learning process. In cycle I obtained 32 scores with enough category, cycle II obtained 40 scores with enough category and cycle III obtained 55 scores with good category. Student human right realization of cycle I obtain 13 scores by no good category, cycle II obtained 25 scores with enough category and cycle III obtained 34 scores with very good category.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique untuk menumbuhkan kesadaran hak asasi manusia dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VCT, pada siklus I memperoleh skor 15 dengan kategori tidak baik, siklus II memperoleh skor 20 dengan kategori baik dan siklus III memperoleh skor 27 dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran dalam kemampuan guru mengelola proses pembelajaran, pada siklus I diperoleh skor 32 dengan kategori Cukup, siklus II memperoleh skor 40 dengan kategori cukup dan pada siklus III memperoleh skor 55 dengan kategori baik. Kesadaran hak asasi manusia siswa pada siklus I memperoleh skor 13 dengan kategori tidak baik, Siklus II memperoleh skor 25 dengan kategori Cukup dan siklus III skor 34 dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: kesadaran hak asasi manusia, ppkn, vct


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djahiri. 2003. Pemilihan Strategi dan Media Pembelajaran dan Portofolio Learning and Evaluation Based. Jakarta: Depdiknas.

Effendi, Luqman. 2008. Modul Dasar-Dasar Sosiologi & Sosiologi Kesehatan. Jakarta: PSKM FKK UMJ.

Jerolimek, John & Parker, Walter C. 1993. Social Studies in Elementary School.. New York: Macmillan Publishing Company.

Somantri, Numan. (2001). Menggagas Pembeharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPS-FPIPS UPI dan PT Remadja Rosda karya.

Wiriaatmaja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i2.9859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia