NILAI MORAL, PERAN ORANG LAIN, MEDIA MASSA, EQ TERHADAP SIKAP MASA PRANIKAH

Sepputri Yani, Pargito Pargito, Irawan Suntoro

Abstract


The purposes of this research were to determine that there was a direct and indirect effect between the understanding of moral values, the role of others, the role of mass media, and emotional intelligence toward premarital attitudes of students. The form of this research used quantitative with the type of associative and to determine the effect of the variables, either directly or indirectly on data analysis using path analysis. The sample of this research used propotional random sampling by using the pattern of Slovin and Taro Yamane, so it was gotten 82 students as the sample. Data collecting technique uses quesionnaire and test. The result of this research was concluded that there was a direct and indirect influence of the understanding of moral values, the role of others, the role of mass media, emotional intelligence toward premarital attitudes of students.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara pemahaman nilai-nilai moral, peran orang lain, peran media massa, dan kecerdasan emosional terhadap sikap pranikah siswa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif untuk mengetahui pengaruh antara variable langsung maupun tak langsung menggunakan analisis jalur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mengunakan proposional random sampling dengan mengunakan acuan rumus Slovin dan Taro Yamane sehingga didapat jumlah sampel 82 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara pemahaman nilai-nilai moral, peran orang lain, peran media massa, kecerdasan emosional terhadap sikap pranikah siswa.

Kata kunci: kecerdasan emosional, pemahaman nilai moral, peran orang lain, peran media massa, sikap masa pranikah


Full Text:

PDF

References


Ali, M. dan Asrori, M. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Changara, H. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Darmadi, Hamid. 2012. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Goleman, D. 2005.Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi (Terjemahan: Alex Tri Kuntjono Widodo). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ibung, dian. 2001. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. (Edisi Pertama). Jakarta: CV. Sagung Seto.

Lutfi, Fauzan. 2007. Assertive Training: Pengembangan Pribadi Asertif dan Transaksi Sosial. Jakarta: PT. Gramedia.

Marat. 2004. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktual. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryani, Enok. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soelaeman, M.I. 2001. Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Suseno. 2008. Nilai Moral dan Norma Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Tannsjo, Torbjorn. 2008. Understanding Ethics An Introduction to Moral Theory. Second edition. Great Britain: Edinburgh University Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i2.9458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia