MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Warsini Warsini, Sudjarwo Sudjarwo, Irawan Suntoro

Abstract


This research is aimed to describe and to know: (1) The process of applying PKn learning by applying role playing model, (2) Increasing student learning motivation by role playing model, (3) Pkns learning completeness students. The research method used was classroom action research. The data collecting technique used were obsevation, interview, documentation and test result. The data jained, then was analyzed by using descriptive technique to know the effectiveness of role playing model as a mean to increase students learning motivation. The result of the text showd: (1) need the role playing model (2) role playing model can increase students motivation and students score.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan model role playing, (2) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran role playing, dan (3) Ketuntasan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Adapun data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif untuk mengetahui efektifitas pembelajaran model role playing sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) membutuhkan model pembelajaran role playing. (2) pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi, role playing


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Rustiyah, N.K. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sadirman. A.M. 2003. Interaksi dan Semangat Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta, Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2007. Pengantar Teori Belajar dan Pembelajaran Cet. II. Gorontalo: Nurul Jannah.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i1.8203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia