PENERAPAN PENDEKATAN CTL BERORIENTASI LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR

Dodi Setiawan, Sudjarwo Sudjarwo, Pargito Pargito

Abstract


The research aimed to increase students’ motivation and learning activity by using CTL approach that oriented to Life Skill in Geography learning. This research was Classroom Action Research. The data analysis technique was descriptive analysis. The result showed that there was an increase on students’ motivation and learning activities in each cycles. In cycle I the percentage of students’ motivation and learning had not yet reached the expected criteria. In cycle II the percentage of students’ motivation and learning had increased compared to the preceding cycle but had not yet reached the expected criteria. In cycle III the percentage of students’ motivation and learning had increased compared to the preceding cycle and that increase had reached the expected criteria. Based on the research discussion, that the learning by using CTL approach that oriented to Life Skill could Increase Students’ Motivation and Learning Activity in Geography.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL yang berorientasi pada Life Skill dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini merupakan PTK. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase motivasi dan aktivitas belajar siswa belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus II persentase motivasi dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan siklus I tetapi belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus III persentase motivasi dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan siklus II dan peningkatannya sudah mencapai kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bahwa penerapan pendekatan CTL berorientasi pada Life Skill dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi.

Kata kunci : aktivitas belajar, ctl, motivasi belajar 


Full Text:

PDF

References


B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara: Jakarta.

Nurrohman, Sabar. 2008. Penerapan pendekatan sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan Life skills Peserta Didik. (Skripsi). Diakses pada 23 desember 2012 dari http://shobru.files.wordpress. com/2008 / 08/life-skills.pdf.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Dosen. AURA: Bandar Lampung.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sardiman A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Berajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Yulia Sari Bahri. 2011. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontektual Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII A SMP N I Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011. (Tesis). Bandar Lampung. Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i5.3882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia