Masa Depan Pembelajaran IPS di Era Digital: Studi Literatur tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi di Sekolah Dasar

Lovita Marcheilla

Abstract


Artikel ini membahas masa depan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar pada era digital melalui studi literatur tentang pemanfaatan teknologi informasi. Penelitian ini menyoroti pentingnya pembelajaran IPS dalam membentuk pemahaman sosial, karakter, dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun, metode pembelajaran tradisional dinilai kurang efektif karena cenderung monoton dan tidak kontekstual. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, terdapat peluang besar untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran IPS melalui penggunaan media digital, aplikasi, dan platform pembelajaran interaktif. Studi literatur ini mengidentifikasi berbagai jenis teknologi yang telah digunakan, menganalisis dampak positif terhadap hasil belajar dan keterlibatan siswa, serta mengungkap tantangan implementasi seperti keterbatasan infrastruktur dan kompetensi guru. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi informasi dapat memperkaya proses pembelajaran IPS, meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa, serta mendorong inovasi pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesiapan guru, infrastruktur, dan pengembangan kebijakan pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Afzal, A., Khan, S., Daud, S., Ahmad, Z., & Butt, A. (2023). Addressing the Digital Divide: Access and Use of Technology in Education. Journal of Social Sciences Review, 3(2), 883–895. https://doi.org/10.54183/jssr.v3i2.326

Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382

Ali, M. K., Kamal, A. L., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan Google Earth dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.379

Amirah Zahra Muthi, Nuraida Rezeki Fadhilah, Desy Safitri, & Sujarwo Sujarwo. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 104–116. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.116

Antoninis, M., Alcott, B., Al Hadheri, S., April, D., Fouad Barakat, B., Barrios Rivera, M., Baskakova, Y., Barry, M., Bekkouche, Y., & Caro Vasquez, D. (2023). Global Education Monitoring Report 2023: Technology in education: A tool on whose terms?

Chaeruman, U. A. (2005). Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Ke Dalam Proses Pembelajaran : Pustekom, 16(ix), 46–59.

Dianti, R., Riyoko, E., & Sholeh, K. (2023). Implementasi Pembelajaran Ips Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Abad 21 di SD Negeri 89 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1428–1440. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1461

Fajarwati, N. E., Rahmawati, A., Saputri, A. E., & Zulfiati, H. M. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPS di Kelas 6 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2718–2728.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(May), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Teknologi Informasi di Tingkat Sekolah Dasar serta Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767–781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Iddrisu Bariham. (2022). Senior High School Teachers’ and Students’ Perception about the Integration of Online Learning and Its Impact on Their Application of Technology in Teaching and Learning of Social Studies in Northern Region, Ghana. Social Education Research, 3(1), 161–174. https://doi.org/10.37256/ser.3120221268

Jamun, Y. M., Ntelok, Z. R. E., & Ngalu, R. (2023). Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2149–2158. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.559

Poçan, S., Altay, B., & Yaşaroğlu, C. (2023). The effects of mobile technology on learning performance and motivation in mathematics education. Education and Information Technologies, 28(1), 683–712.

Ratri, S. Y. (2022). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 4(2), 15–22.

Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186

Riniwanti, R., Nursalam, N., & Arifin, J. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Kinemaster dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V UPTD SDN 14 Samanggi Kabupaten Maros. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 263–277. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.477

Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Umbaran, F. A., Robandi, B., & Giwangsa, S. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Meme/Rage Comic Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 50–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/51832/20568

Utami D. V., & Asidiqi F. D. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Ips Sd Pada Era Disrupsi Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi , 7(1), 23–30.

Wilson, M. L. (2023). The impact of technology integration courses on preservice teacher attitudes and beliefs: A meta-analysis of teacher education research from 2007–2017. Journal of Research on Technology in Education, 55(2), 252–280. https://doi.org/10.1080/15391523.2021.1950085.




DOI: https://doi.org/10.23960/jss.v13i2.33011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia

Slot gacor

situs slot gacor

demo slot

slot demo gacor

slot777

slot gacor

togel online terpercaya