Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Nilai Karakter Tanggung Jawab pada Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aandriami, B., Yuliatin, Y., Alqadri, B., & Herianto, E. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2029–2035. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1565
Adha, M. K., & Darmiyanti, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2008
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Rajawali Pers.
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., Ikhram, F., Andriani, A. D., Ratnadewi, & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1701
Amirullah. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kuliah Kemuhammadiyahan Berbasis Pemberdayaan Keluarga Dhuafa. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 20–39. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.4365
Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403
Apriandi, R., Rispawati, Sumardi, L., Basariah, & Nizan, A. (2023). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPM 1 Kediri. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10984
Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak …. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/3042
Azzahra, T., & Prasetiyo, W. H. (2022). Integrasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Budaya Sekolah Islam bagi Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/7319
Badri, H. A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2023). Landasan Teori Pendidikan Karakter. Buana Ilmu, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.36805/bi.v8i1.6013
Cicilia, I., Marsidi, Martini, & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.420
Damayanti, D., & Asbari, M. (2024). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.895
Harahap, R., Harahap, K., & Surianti, S. (2024). Strategi Guru PKn dalam Menanamkan Budaya Disiplin Kelas XI SMA Negeri 1 Siabu. Jurnal Kewarganegaraan, 3(02), Article 02.
Maulia, S. T., & Ichsan, M. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Laboratorium Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Digital Skill Mahasiswa Prodi PPKn FKIP Universitas Jambi. Estungkara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410
Safitri, I., Sa’odah, S., & Magdalena, I. (2020). Analisis Perilaku Tanggung Jawab dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Cipondoh 2 Kota Tangerang. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1179
Sutiyono, & Khaerunnisa, N. (2023). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD NU. Journal of Primary Education Research, 1(01), Article 01. https://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/article/view/3
Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), Article 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v13i1.31571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia