PENERAPAN MODEL DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS

Febti Listiana Damayanti, R Gunawan Sudarmanto, Teddy Rusman

Abstract


This study aims to enhance the student activity and creativity at entrepreneurship subject, especially conflict management materials. This study is a classroom action research which is conducted into three cycles. The data obtained in this study is student learning and creativity. The results show that by using group discussion method, it is enable to increase activity and creativity of students in identifying the problems. This is indicated by the average percentage of activity and creativity of students in each cycle. Cycle I, the percentage of students’ activity is 60.50%, and student creativity is 61.15%. Cycle II, the percentage of students’ activity grows up to 67.00%, and student creativity gets 68.06%. And for cycle III, the percentage of students’ activity grows up to 76.75%, and student creativity gets 76.27%.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya materi mengelola konflik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam mengidentifikasi masalah. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktifan dan kreativitas siswa pada setiap siklusnya. Siklus I persentase keaktifan siswa 60,50 % dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 61,15%. Pada siklus II persentase keaktifan siswa naik menjadi 67,00% dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 68,06%. Begitu pula dengan siklus III, persentase keaktifan siswa naik menjadi 76,75% dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 76,27%.

Kata kunci : aktivitas, kreativitas, metode diskusi kelompok


Full Text:

PDF

References


Harianti, Diah.2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta. Kementrian Pendidikan Nasional.

Kasmir.2011. Kewirausahaan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung. Aura.

Pusat Kurikulum. Balitbang. Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta.

Romlan.2010.diskusi kelompok. http://belajarajaran.blogspot.com/2010/04/1diskusikelompok.html. di unduh pada tanggal 17 maret 2013

Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Wiryanto, Agus. 2010. Pengembangan dan Pendaftaran Handout dalam Pembelajaran. http://aguswuryanto.wordpress.com/2010/09/02handout/ di unduh pada tanggal 17 maret 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i4.2538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia