PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PEMAHAMAN BELAJAR

Albet Maydiantoro, R Gunawan Sudarmanto, Yon Rizal

Abstract


The objective of this research was to analyze the use of Teams Games Tournament cooperative learning method to improve students’ learning participations and understanding to Social Science. This research used classroom action approach. The results showed: that students’ learning participations in Social Science learning improved. This was indicated by 18% students having good participations before action and improved significantly into 82.48% at cycle 3, students’ learning understanding on Social Science learning improved. This was indicated by the student’s average mark of 44.22 before action and it improved into 79.96 after cycle, The Teams Games Tournament cooperative learning method was able to improve student’s learning participation, where this learning participation directly was able to improve student’s learning understanding. The conclusion is that the Teams Games Tournament cooperative learning method is able to improve student’s learning participation and understanding.

Penelitian ini ingin bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament yang dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman belajar. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil yang diperoleh: Partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari pengamatan belajar siswa yang berpartisipasi baik pada pra tindakan 18%, dan terjadi peningkatan yang sangat besar pada siklus ke 3 yaitu 81,48 %, pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa, pada pra tindakan nilai rata-rata 44,22, pada siklus ke 3 yaitu nilai rata-rata siswa 79,96. Pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi siswa, Sejalan dengan itu, peningkatan partisipasi tersebut secara langsung dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Sehingga pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman belajar.

Kata kunci :   pembelajaran kooperatif tipe TGT, partisipasi belajar, pemahaman belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Atwi Suparman. 2001. Desain Instruksional: Program Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) untuk Dosen Muda. Jakarta: UT, PPAI-PAU.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat PMPTK, 2010, Pembelajaran Tuntas: Bahan Pelatihan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah Dimensi Supervisi Akademik, Jakarta: Direktorat. PMPTK

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hakim, Thursan. 2008. Belajar Secara Efektif, Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2009. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Latif, Syaifudin. 2005. Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Lampung: Universitas Lampung.

Megawati, Sri. 2011.Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas X-3 Semester Gasal Sma Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis Lampung ; Pascasarjana PIPS FKIP Universitas Lampung

Pargito, 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung : Anugrah Utama Raharja (AURA)

Sapriya, 2009.Pendidikan IPS.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. Allyn Bacon: Boston.

Universitas Lampung. 2006. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i4.2369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia