SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELUARGA LENGKAP DAN KELUARGA SINGLE PARENT
Abstract
This study applies a quantitative research design. The sampling technique used in this research is purposive sampling. To measure the differences between the attitude and the achievement tests results simultaneously, this study used Anatest program. The results show: scores of students’ attitude between complete families and single parent families achieve a scale of 0.490>0.05, thus Ho is accepted; achievement between students complete families and single parent families achieve a score of 0.681>0.05 thus Ho is accepted; score of attitude combined with learning achievement between the two groups of students is 0.490>0.05 and 0.681>0.05, thus Ho is accepted; the degree of differences attitudes and learning achievements between the two group of students is 99.125>97.875, meaning the average of the students from complete families is better than the students’ single-parent families.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling purposive. Untuk menguji hasil tes skala sikap dan tes hasil belajar dihitung sekaligus digunakan program anates. Hasil penelitian menunjukkan: sikap antara siswa yang diasuh oleh keluarga lengkap dan keluarga single parent mencapai besaran 0,490>0,05 sehingga Ho diterima; prestasi belajar siswa keluarga lengkap dan siswa keluarga single parent mencapai skor 0,681>0,05 sehingga Ho diterima; kombinasi sikap dan prestasi belajar antara siswa keluarga lengkap dan siswa keluarga single parent menyatakan 0,490>0,05 dan 0,681>0,05 sehingga Ho diterima; perbedaan sikap dan prestasi belajar antara siswa yang diasuh oleh keluarga lengkap bila dibandingkan dengan siswa yang diasuh oleh keluarga single parent mencapai besaran 99,125>97,875 yang berarti rerata siswa yang berasal dari keluarga utuh memiliki rerata lebih baik dari para siswa yang berasal dari keluarga single parent.
Kata kunci: sikap, prestasi belajar, keluarga utuh, keluarga single parent.Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Sosial Belajar. PT. Rineka Cipta ALFABETA. Bandung
Arifin, Zainal. 1999. Evaluasi Instruksional. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Rineka Cipta. Jakarta.
Geertz, Hidred. 1983. Keluarga Jawa. Grafiti Pers. Jakarta.
Haryono, Bagus. 2003. Sosiologi keluarga. Jurnal Sosiologi. Surakarta.
Lampung, Universitas. 2010. Format Penulisan Karya Ilmiah. Unila. Lampung.
Kancana dan Sumartana. 1997. Evaluasi Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya
Poerwadarminta, W.J.S. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka. Jakarta.
Sabri, Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan. Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta.
Setiawati, Indah dkk. 2008. Sibling Rivalry Pada Anak Sulung Yang Diasuh Oleh Single Father. Auditorium Kampus Gunadarma Vol 2.
Shochib. 1998. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan Dalam Keluarga. Yayasan Al-Fabeta. Bandung.
Suprayitno. 2003. Asuhan Keperawatan Keluarga : Aplikasi dalam praktek Penerbit Buku Kedokteran (EGC). Jakarta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo. Jakarta.
Walgito, Bimo. 1994. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta.
Winataputra dan Budimansyah 2007. Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPs UPI.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i4.2178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia