PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEJARAH BERBASIS SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS XI IPS

Mida Handayani, Trisnaningsih Trisnaningsih, Trisnaningsih Trisnaningsih, Risma M Sinaga, Risma M Sinaga

Abstract


This study aims to produce a scientific-based History LKPD and find out an increase in the character value of students. This research based on Research and Development using the 4-D model from Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974) and the reasearch limited/simplified into 3 stages namely defining, designing and developing, Data collected by questionnaire from material experts, media experts, linguists, teachers and students 'responses and students' character assessment. This reasearch results indicate (1) developed LKPD has a level of validity (2) the characters of students who have increased the character of responsibility with an average of 3.8 are in the high category, mutual cooperation characters with a mean of 3.7 are in the high category and characters cooperation with an average of 3.8 is in the high category.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Sejarah berbasis saintifik dan mengetahui adanya peningkatan nilai karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974) karena keterbatasan dari peneliti tahapan disederhanakan menjadi 3 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 SMA YP UNILA Bandar Lampung. Pengumpulan data ini menggunakan angket validasi LKPD dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru dan respon peserta didik serta penilaian karakter peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas (2) karakter peserta didik yang mengalami peningkatan yaitu karakter tanggung jawab dengan rerata 3,8 berada pada kategori tinggi, karakter gotong royong dengan rerata 3,7 berada pada kategori tinggi dan karakter kerjasama dengan rerata 3,8 berada pada kategori tinggi. Karakter responsif peserta didik belum mengalami peningkatan yang signifikan, namun berada pada kategori sedang dengan rerata sebesar 3,3.

Kata kunci: Pengembangan LKPD, Berbasis Saintifik, Karakter


Full Text:

PDF

References


Asmaranti, W., Pratama, G. S., & Wisniarti, W. (2018, February). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Azwar, Saefudin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Hamid, Abd Rahman dan Madjid, Muhammad Saleh. 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Ombak: Yogyakarta

Hartati, Umi dan Refa’I, Rizki Ahmad. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sejarah Masa Pendudukan Jepang Di Indonesia Berbasis Nilai Karakter Untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Pasir Sakti: Metro. Dalam Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 8, Nomor 2 Tahun 2019.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT. Rosda Karya: Jakarta

Mulyasa, E. 2018. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara: Bandung

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah

Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan & Pemula. CV. Alfabeta: Bandung.

Sinaga, R. M., Trisnaningsih, T., & Pujiati, P. Sudarmasyah, Didi (2019). Development of Learning Media Based on Mobile Learning Applications. Jurnal Pendidikan Progresif, Volume 9 (1), 50-58.

Sinaga, R. M. (2019). Development of Android-Based Mobile Learning: Answering the Challenges of the Industrial Revolution 4.0. Journal of Education and Practice, Volume 10(14), 18-27.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabets: Bandung

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Pustaka Belajar: Surabaya.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System: Washinton DC

Winahyu, S. E., Kartini, H., & Bintartik, L. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Saintifik untuk Menumbuhkan Karakter Ilmiah pada siswa SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 74-81.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v8i1.21208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia