PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BEBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

Ayu Rachma Adjri, Pargito Pargito, Pargito Pargito, Pujiati Pujiati, Pujiati Pujiati

Abstract


The purpose of this research is to find the effective teaching materials to increase student learning outcomes in the subject of accounting in class X SMK Amal Bhakti District South Lampung especially of learning model guided inquiry. The research is the kind of research development or research and development (R & D). The research sample it consists of the control group (of teaching materials ordinary used at the school and treatment group (the teaching material based guided inquiry). The data that has been compiled on the effectiveness of the product in their experiences were analyzed using dependent sample t-test. The research results show that there are differences between the experimentation and the control group and obtained the value of p < 0,05  the difference shows that there is positive impacts to the development of guided inquiry kind of classroom.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di kelas X SMK Amal Bhakti Kabupaten Lampung Selatan terutama dari model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode ASSURE. Sampel penelitian ini terdiri dari kelompok kontrol (bahan ajar biasa yang digunakan disekolah) dan kelompok perlakuan (bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing). Data yang telah dikumpulkan mengenai efektifitas produk dalam pembelajaran dianalisis dengan menggunakan dependent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan diperoleh nilai p < 0,05 perbedaan tersebut menunjukkan adanya nilai positif terhadap Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Kata kunci: Bahan ajar, inkuiri tebimbing dan smk.



Full Text:

PDF

References


As'ad, Moh. (2004). Psikologi Industri: Seri ilmu Sumber Daya Manusia, Penerbit. Liberty: Yogyakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Primadi. (2018). Belajar Dari Sejarah & Lingkungan. Bandung: ITB.

Prasetyo, Andi. (2011). Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan. Matlab. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahyuningsih, Sri. (2014). Pengaruh Pemberian Layanan Konten Topik Delapan Kunci Sukses Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X MAN 1 Stabat Tahun Ajaran 2013/2014. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. 2014. Skripsi Tidak Diterbitkan. Medan: Digital Library.

Wardani, Wardani. (2014). Pengembangan Model Webquest pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Studi Sosial Vol. 2 No. 1

Wardani, Wardani. (2019). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Kecerdasan Emosional melalui Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 4, No. 2, 2019, ISSN 2503-5307




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v8i1.21206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia