STUDI PERBANDINGAN KETRAMPILAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER DAN TIME TOKEN ARRENDS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG.

Ardhi Yudisthira, Darsono Darsono, Trisnaningsih Trisnaningsih

Abstract


This research is motivated by the low social skills of students in Integrated Social Studies subjects in class VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. This study aims to compare students' social skills using the MURDER type of cooperative learning model and Time Token Arrends by paying attention to the assignment technique in Integrated Social Studies. The results of data analysis show (1) There are differences in social skills between students whose learning uses the MURDER type cooperative learning model with the cooperative learning model Time Token Arrends type. (2) There is an interaction between the learning model and the assignment of social skills in Integrated Social Studies subjects (3) There are differences in the social skills of students taught using the MURDER type cooperative learning model better than the Time Token Arrends.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial (social skill) siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 19  Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keterampilan sosial (social skill)) siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dan Time Token Arrends dengan memperhatikan teknik penugasan pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arrends.  (2) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan teknik penugasan terhadap keterampilan sosial (3) Ada perbedaan ketrampilan sosial siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER lebih baik daripada Time Token Arrends.

 

Kata kunci: keterampilan sosial (social skill), time token, MURDER, teknik penugasan.

 

 


Full Text:

PDF

References


Hanafiah, Nanang. dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama.

Hargie Et. All. 1998. Social Skill and Communication. New York: Springer Publishing Company

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Joyce, Bruce, Weil, Marsha, & Calhoun, Emily. (2009). Models of Teaching: Model-model Pengajaran, Edisi Kedelapan. Penerjemah: Achmad F dan Ateilla M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Maryani, Diana. 2011. Efektifitas Strategi Pembelajaran Murder Terhadap Hasil Belajar Askeb II. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju

Merrel. 2008. Helping Students Overcome Depression and Anxiety:A Practical Guide (2nded.).New York: The Guilford Press.

Milburn, J.F., dan Cartledge, C. 1995. Teaching Social Skills to Children and Youth Inovative Approach.Third edition. Massachusetts: Allyn and Bacon

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Purnomo, Edy. 2015. Buku Ajar Dasar-dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Bandar Lampung.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarudin, 2012, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang Mendapatkan suatu Pembelajaran Tipe MURDER dan Tipe Jigsaw. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Widyanti, F. (2008). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir di Sekolah Dasar dengan Permainan Tradisional. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v7i1.19342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia