Efektivitas Model Pembelajaran VCT dan CTL Untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Siswa SMK

Ana Rosada, Sudjarwo Sudjarwo, Pujiati pujiati

Abstract


This study aimed to determine the effectiveness of VCT and CTL models to encourage the students’ entrepreneurial interest. The method used was experimental with a comparative approach. The research sample was determined by cluster random sampling technique. The results of the study showed: (1) There was a difference in entrepreneurial interest between students who learned using VCT and those who learned using CTL , (2) The entrepreneurial interest in students who learned using VCT performed better than those who learned using CTL on the students with high adversity quotient, (3) The entrepreneurial interest in students who learn using CTL performed better than those who learned using VCT on the students with low adversity quotient, (4) There is a relation between learning models and adversity quotient in students entrepreneurial interest.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VCT dan CTL untuk menumbuhkan minat wirausaha siswa, dengan memperhatikan kecerdasan siswa dalam mata pelajaran Kewirausahaan. Metode yang digunakan eksperimen dengan pendekatan komparatif. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada perbedaan minat kewirausahaan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran VCT dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CTL, (2) Minat wirausaha siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi, (3) Minat wirausaha siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah, (4) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap minat siswa dalam berwirausaha.

Kata kunci:  model pembelajaran VCT&CTL, kecerdasan adversitas, minat wirausaha.           


Full Text:

PDF

References


Arthur. 1963. Cara Belajar Efisien. Yogyakarta : Pusaka Kemajuan Studi.

Barth, James. I. 1990. Method of Instruction In Social Studies Education. New York: University Perss of America.

Bern, Robert G. dan Patricia M.Ericson. 2001. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual, Mempersiapkan Siswa Untuk Ekonomi Baru. The Highlight Zone Research @Work.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Akssara.

Garet. 1965. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hall, B. 1973. Values Clarification Is Learning Process. New York: Paulist Perss.

Johnson, Elaine. B. 2014. Contextual Teaching and Learning: menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna. Penerjemah, Ibnu Setiawan; Ida Sitompul, Cet-1. Kaifa. Bandung.

Marlena, Ani. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran VCT dan CS Dalam Menumbuhkembangkan Sikap Terhadap Wirausaha Siswa Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Universitas Lampung, Bandar Lampung. Tesis.

Purbasari, Imaniar. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran VCT Terhadap Pemahaman Nilai Tradisi Sejarah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2011-2012 (Jurnal Online). Diambil dari : http://idportalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=393231

Sanjaya, Wina. Dr. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-faktor Yanng Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Stoltz, Paul G, Ph.d 2000. ADVERSITY QUOTIENT. Jakarta:PT.Gramedia Widiasmara Indonesia.

Thorndike dan Elizabeth. 1997. Bimbingan dan Konseling Individu. Jakarta : Gramedia.

Utami, Aulia Chika. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran VCT dan CTL Dalam Menumbuh kembangkan Wirausaha Siswa Dengan Memperhatikan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Universitas Lampung, Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v6i1.18069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia