PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS LINGKUNGAN
Abstract
This study aims to determine the real condition of the learning process whereby Citizenship Education, researchers conducting research & development (R & D), design-based learning environments using Addie combined with PAKEM approach (active learning, creative, effective, and fun). Conclusion of the first results of this research-based learning model Civics environment puts students as study subjects, while the role of the teacher as a facilitator and motivator. secondly, the implementation stage of the model is done through, among others, a preliminary study analysis of students' needs, designing and managing learning, using tools or various learning resources, the core activities of learning, to evaluate the process and outcomes of learning. Third, the test results show that the learning environment based civics effectively increase interest and motivation to study.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata proses pembelajaran PKn, peneliti melakukan penelitian pengembangan (R&D), pembelajaran berbasis lingkungan menggunakan desain ADDIE dikombinasikan dengan pendekatan PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Kesimpulan dari hasil penelitian ini: Pertama, model pembelajaran PKn berbasis lingkungan menempatkan siswa sebagai subyek belajar, sedangkan peran guru sebagai fasilitator dan motivator. Kedua, implementasi model dilaksanakan melalui tahapan antara lain dengan melakukan studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan siswa, merancang dan mengelola pembelajaran, menggunakan alat bantu dan sumber belajar berbasis lingkungan, melaksanakan kegiatan inti pembelajaran; melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. Ketiga, hasil ujicoba menunjukkan bahwa pembelajaran PKn berbasis lingkungan cukup efektif meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: pembelajaran berbasis lingkungan, R & D, ADDIE, PAKEM
Full Text:
PDFReferences
Budimansyah, D, dkk. 2008, PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), PT. Genesindo, Bandung, 238 Halaman.
-----------------, D., 2009, Model Pembelajaran Berbasis Project Citizen Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, UPI, Bandung
Departemen Pendidikan Nasional, 2007, Model Silabus Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan SMK, Badan Nasional Standar Pendidikan, Jakarta
Hamalik, Oemar, 2003, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta, 242 Halaman
Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 232 Halaman
-----------, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Pargito, 2009, Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan, Bandar Lampung, Universitas Lampung
Suhartati, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Biaya dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Bandar Lampung, Tesis, Universitas Lampung
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i3.1602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia