Pengaruh Model Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Berdasarkan Motivasi Siswa

Hermia Kurnia Putri, Trisnaningsih Trisnaningsih, Adelina Hasyim Adelina Hasyim

Abstract


The purpose of this research is to know the influence of the application of the kind of classroom make a match of the results of the social studies learning grade students VII in SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Research methodology that we use is quasi experiment approach. by looking at the explanation level, research is included into research comparative. Sample collection technique in this research using a technique clusters random sampling. The research  results showed that there is the influence of the application of learning model make a match against study results of social studieso f students class VII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung and there is a difference in study results social studies students VII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung after undertaking learning by using l make a match on the kids who have the motivation to study high.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan  model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung.  Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan eksperimen semu. Dengan melihat tingkat eksplanasinya, penelitian ini tergolong penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan  model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung  dan ada perbedaan hasil belajar IPS siswa Kelas VII di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, model pembelajaran make a match, motivasi siswa

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali. 2012. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung: Yrama Widya.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani.

Komalasari. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada.

Soemanto. 2006. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Bandung: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih dan Syaodih, Erliana. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: Refika Aditama.

Usman. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif, Yogyakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v6i1.15899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia