PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA, SUMBER BELAJAR, DAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This research uses a quantitative approaching, data collection technic uses questionnaire and test to find out the multimedia utilization, learning source, character value and study result of social studies. To examines the research's hypothesis is using path analysis by calculates the correlation coefficient every variabels. The research's result shows there are: (1) A significant influence between multimedia utilization, learning source, and character value toward the study result of social studies; (2) A significant influence between multimedia utilization and learning source toward the character value; and (3) A significant influence between multimedia utilization, learning source, and character value by all together toward the study result of social studies, and a significant influence between multimedia utilization and learning source toward the study result of social studies through character value.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes untuk mengetahui penggunaan multimedia, sumber belajar, nilai karakter serta hasil belajar IPS. Untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan terlebih dahulu menghitung koefisien korelasi tiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia, sumber belajar, dan nilai karakter terhadap hasil belajar IPS; (2) pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia dan sumber belajar terhadap nilai karakter; dan (3) pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia, sumber belajar, dan nilai karakter secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS, dan pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia dan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS melalui nilai karakter.
Kata kunci: multimedia, sumber belajar, nilai karakter, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Rajagrafindo Persada, Depok. 265 hlm.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Cahyana, Ibnu Budi. 2008. Hubungan Gaya Belajar, Sikap Siswa terhadap Pelajaran, dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 3 Metro. Program Pascasarjana Teknologi
Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. 196 hlm.
Depdikbud. 1996. Petunjuk Teknis Mata Pelajaran IPS-Sejarah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Jakarta.
Felubun, Alusia Dece. 2013. Peningkatan Hasil Belajar melalui Multimedia. Online]. Tersedia: http://www. adf_media.com [5 Februari 2013].
Kepala SMP Negeri 30 Bandarlampung. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. SMP Negeri 30 Bandarlampung.
Laksono, Faisal Adhi. 2012. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran, Lingkungan Sosial dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri Bugel Kulon Progo. Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta. 206 hlm.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group, Jakarta. 290 hlm.
Pargito. 2010. Pendekatan Pembelajaran IPS. Program Pascasarjana Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. 101 hlm.
Rektor Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung. 60 hlm.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Multimedia. Alfabeta, Bandung. 332 hlm.
Soemantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosda Karya. Bandung
Sudarmanto, R Gunawan. 2008. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Tindakan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i3.1564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia