Pengembangan LKPD E-Learning Schoology Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah

Gita Ade Pradana, Darsono Darsono, Erlina Rufaidah

Abstract


The learning process has been less effective because the media used is still conventional Student Work Sheet. So the students don’t interest in learning, passively listening, writing and it’s impact on learning outcomes. This study aims to develop LKPD through History Schoology to improving the ability of critical thinking and learning outcomes to be effective. The methodology of this study follows the Borg and Gall development model. Data analysis shows that E-learning through Schoology media enhances critical thinking skills and learning outcomes in history learning. One of the main stages is the development stage, namely media creation and review of media, material and language. The objective is to suggestion for LKPD perfection that is developed so that the result of research found that E-learning through Schoology media can improve the ability of critical thinking and learning result in learning history.

Proses pembelajaran selama ini kurang efektif karena media yang digunakan masih bersifat konvensional yakni Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sehingga siswa kurang tertarik belajar, pasif mendengarkan, mencatat dan berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD melalui media Schoology pembelajaran Sejarah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menjadi efektif. Metodologi penelitian ini mengikuti model pengembangan Borg dan Gall. Analisis data menunjukkan bahwa E-learning melalui media Schoology meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah. Salah satu tahap yang utama adalah tahap development, yaitu pembuatan media serta review ahli media, materi dan bahasa. Tujuannya untuk kesempurnaan LKPD yang dikembangkan sehingga hasil penelitian didapatkan bahwa E-learning melalui media Schoology dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah.

 

Kata Kunci : Schoology, Hasil Belajar Sejarah, Kemampuan Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Danver, L. Steven, (2016). The SAGE Encyclopedia of ofline Education, New Delhi: SAGE Publication

Hanifah, Nurdiah., Julia. (2014) Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013, Jawa Barat: UPI Sumedang Press

Jalinus, Nizwardi., Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Johnson. (2002). Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: PT. MLC.

Kuswadi. (2006). Memahami Rasio-Rasio Keuangan Bagi Orang Awam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Magiera, Jennie, (2016). Courageous Edventures Navigating Obtacles to Discover Classroom Innovation, California: Corwin.

Nurhadi, (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. UM Press, Malang.

Santrock, John, W., (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana

Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran, Bandung: Universitas Pasundan

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group

Syaodih, Nana Sukmadinata, (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tan, Thomas. (2017). Teaching is as Art: Maximize Your Teaching, Yogyakarta: Budi Utama

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v6i1.15328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia