Pengembangan LKPD E-Learning Schoology Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah
Abstract
Proses pembelajaran selama ini kurang efektif karena media yang digunakan masih bersifat konvensional yakni Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sehingga siswa kurang tertarik belajar, pasif mendengarkan, mencatat dan berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD melalui media Schoology pembelajaran Sejarah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menjadi efektif. Metodologi penelitian ini mengikuti model pengembangan Borg dan Gall. Analisis data menunjukkan bahwa E-learning melalui media Schoology meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah. Salah satu tahap yang utama adalah tahap development, yaitu pembuatan media serta review ahli media, materi dan bahasa. Tujuannya untuk kesempurnaan LKPD yang dikembangkan sehingga hasil penelitian didapatkan bahwa E-learning melalui media Schoology dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah.
Kata Kunci : Schoology, Hasil Belajar Sejarah, Kemampuan Berpikir Kritis
Full Text:
PDFReferences
Danver, L. Steven, (2016). The SAGE Encyclopedia of ofline Education, New Delhi: SAGE Publication
Hanifah, Nurdiah., Julia. (2014) Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013, Jawa Barat: UPI Sumedang Press
Jalinus, Nizwardi., Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Kencana
Johnson. (2002). Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: PT. MLC.
Kuswadi. (2006). Memahami Rasio-Rasio Keuangan Bagi Orang Awam. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Magiera, Jennie, (2016). Courageous Edventures Navigating Obtacles to Discover Classroom Innovation, California: Corwin.
Nurhadi, (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. UM Press, Malang.
Santrock, John, W., (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana
Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran, Bandung: Universitas Pasundan
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group
Syaodih, Nana Sukmadinata, (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tan, Thomas. (2017). Teaching is as Art: Maximize Your Teaching, Yogyakarta: Budi Utama
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v6i1.15328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia