Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A Match

Nurfarida Nurfarida

Abstract


This report aims to improve activity and PKn material study results of the democracy activity in indonesia through learning model make a match graders XI IPS-1 high school pioneer 1 Lampung 1 a half years 2016 / 2017. The research is research class action. Every cycle consisting of four phases, including planning, the action, observation, and reflection. The subject of this study is a student xi ips-1 high school pioneer 1 Lampung, which consisted of 27 students, consisting of 16 men and 11 women. Data collection in this research using observation, tests and documentation. Technique analysis the data used was descriptive qualitative and descriptive quantitative with the. Based on the research done and discussion obtained the increase in activity of students and study results.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Perintis 1 Bandar Lampung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research-CAR). Setiap siklus terdiri dari dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Perintis 1 Bandar Lampung, yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, make a match


Full Text:

PDF

References


Anwar Sukri, 2003. Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Melalaui Kooperatif, Arikunto Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Beny A Pribadi. 2009. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan. Jakarta

Miftahul Huda. 2012. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penetapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesinalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v4i1.15189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia