PENGGUNAAN DISKUSI KELOMPOK BERBASIS INTERNET UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME DAN PENGETAHUAN KESEJARAHAN

Heri Wahono, Darsono Darsono, Hendry Susanto

Abstract


The aimed of this research is to describe the method of learning by using Internet-based discussion groups in schools to increase the  students' attitudes nationalism in teaching history and describing the increase in the students historical  knowledge. This research is a classroom action research (CAR), which consists of three cycles, each cycle consisting of four activities include planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used observation, questionnaires, and tests. Based on the results showed that the use of Internet-based discussion group  accompanied by images of nationalism can increase the students' attitudes and historical knowledge.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok berbasis internet (hotspot) di sekolah untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah dan sekaligus mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kesejarahan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada 36 siswa kelas XII.IPS.4  semester ganjil di SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012 / 2013. Metode dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan data-data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diskusi kelompok berbasis internet dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa dan pengetahuan kesejarahan.

Kata kunci: diskusi, sikap, prestasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Fathurahman, Pupuh. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Kohn, Hans. 1976. Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Jakarta: PT. Pembangunan.

Pargito. 2010. Penelitian Tindakan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.

Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i3.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia