Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Realia Dengan Gambar Cetak Pada Model Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Geografi

Deni Effendi Muhtar, Trisnaningsih Trisnaningsih, Pargito Pargito

Abstract


The results of the data analysis we concluded that there was no significant difference in the average value of the pretest on the treated media class and the class realia given print media images, where the experimental class 1 (media realia) is higher than the value of its pretest prites value in class experiment 2 (print media). There are significant differences mean posttest score geography learning outcomes, where the experimental class 1 (media realia) higher than the experimental class 2 (print media). There is a significant difference average value of the gain on the class treated realia and the media were given a class print media images, where the experimental class 1 (media realia) higher than the experimental class 2 (print media). That is because the value obtained in the experimental class class 1 (media realia) more who have completed the learning value.

Metode adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yaitu metode yang membandingkan pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung sebanyak 157 siswa, Jumlah sampel sebanyak 62 siswa diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t independent samples test. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan signifikan rata-rata nilai pretes pada kelas yang diberi perlakuan media realia dan pada kelas yang diberi media gambar cetak, Ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai postes hasil belajar geografi, Ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai gain pada kelas yang diberi perlakuan media realia dan pada kelas yang diberi media gambar cetak.

Kata Kunci: Media, Gambar cetak,Realia, Hasil Belajar Georgrafi


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pengajaran. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.187 hlm

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media: Yogyakarta. 192 hlm

Djamarah & Zain.2006.Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta: Jakarta. 216 hlm

Hamalik, Oemar 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT Bumi Aksara. Jakarta. 185 hlm

__________ . 2011. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Tarsito: Bandung. 187 hlm

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Diva. Perss: Jogjakarta. 159 hlm

Sadiman dkk 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. PT Raja Grafindo: Jakarta. 591 hlm

Sardiman AM. 2008 Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Rajawali pers Jakarta

Suherman, Erman 2003. Strategi pembelajaran Kontemporer. Edisi revisi. Bandung: JICA UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v5i4.14568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia