Pengembangan Model Pembelajaran Clam Shell Learning pada Mata Pelajaran Geografi
Abstract
The present research which was conducted in SMA Negeri 14 Bandar Lampung aimed to create the effective learning model that is able to increase the students activities, motivation, and achievement seen from the attainment of KKM. The research of this learning model consisted of five stages, namely the need analysis, the model development, professional experiments, and the limited test and composing the report. The results of this present study were ; (1) the product of CSL learning model was successfully developed and it was able to be implemented in learning Geography toward students on grade X in SMA Negeri 14 Bandar Lampung, (2) the use of CSL learning model could increase the interest, motivation, and learning effectiveness of the students, and also could increase students achievement or in other words it could be able to enhance the amount of students who passed the KKM.
Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bandar Lampung ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran efektif yang mampu meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa ditinjau dari pencapaian KKM. Penelitian pengembangan ini terdiri dari lima tahapan Tahap pertama adalah analisis kebutuhan yang terdiri dari observasi awal dan analisis kurikulum. Tahap kedua pengembangan model yang terdiri dari pengembangan blue print, flowchart, story board, RPP, dan bahan ajar pendukung. Tahap ketiga uji ahli yang terdiri dari ahli materi geografi dan ahli desain model pembelajaran. Tahap keempat revisi produk. Tahap kelima uji terbatas dan penyusunan laporan. Hasil dari penelitian ini antara lain; (1) model pembelajaran clam shell Learning (CSL) berhasil dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran geografi kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung, dan (2) model pembelajaran CSL efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan efktivitas pembelajaran, serta mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mencapai KKM.
Kata kunci : clam shell learning, model pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Afiatin, Tina & Budi Andayani.1996. Konsep Diri, Harga Diri, Dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Gadjahmada No. 223-30
Alsa, Asmadi. 2006. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik. Semarang. Jurnal Psikologi. No.1. 47-48.
Andriyani, Lilis. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung.
Daradjat, Zakiya.1990. Kesehatan Mental. Haji Masagung. Jakarta.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1997. Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Depdikbud. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hardiyani, Dwi. 2012. Beberapa Pengertian Efektif. http://www.scribd. com/doc/88356153/Beberapa-Pengertian-Efektif, diakses tanggal 16 Mei 2012.
Hergenhahn, B. R dan Matthew H. Olson. 2010. Theories of Learning. Prenada Media Group. Jakarta.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Universitas Lampung. Bandar Lampung
Joyce, Bruce. Marsha Weil dan Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Kancana W, Nur. 1986. Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Mamangkey, Gustaf. 2007. Bagaiman Mutiara Dihasilkan?. http://mutiara-mutiara.blogspot.com/2007/01/bagaimana-mutiara-dihasilkan.html, diakses maret 2012.
Mardalis. 1989. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara. Jakarta.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sardiman, AM. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. IKIP PRESS. Semarang.
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode Dan Model-Model Mengajar. Alfabeta. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v1i1.12494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia