PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI AKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK
Abstract
This research was based on the problems of the low capacity to think critically and learning activity in the class XI SMA Maarif 05 Padang Ratu years Lessons 2015/2016. The purpose of this research was the use of cooperative learning model think pair share and talking stick type to see a difference in the capacity think critically by taking into account the activity of students. Research methodology used in this research is comparative research with experiment. Approach this research was experimental with the factorials design. The sample collection was using a saturated sample technique. Class XIA use think pair share and class XIB use talking stick. The research results showed that (1) there is a difference in the critical thinking ability between class which use the cooperative mode think pair share type and those who use learning model type talking stick and (2) the average level of critical thinking ability of history subjects who had use the cooperative learning model type is higher than those use the learning model type talking stick.
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan aktivitas pembelajaran di kelas XI SMA Maarif 05 Padang Ratu Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Talking Stick untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan memperhatikan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini bersifat eksperimental semu dengan desain faktorial. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. kelas XIA menggunakan Think Pair Share dan kelas XIB menggunakan Talking Stick. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan Berfikir Kritis antara kelas yang menggunakan model pembejaran kooperatif tipe Think Pair Share dan yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick dan (2) Rata-rata tingkat Berfikir Kritis pada mata pelajaran Sejarah yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick.
Kata kunci: Aktivitas, kemampuan berpikir kritis, talking stick, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih. 2010. Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Djamarah. 2006. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Handayani, Salis Tri. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kemampuan Afektif Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bandar Lampung.(Tesis) Universitas Lampung: Lampung.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Alfabeta: Bandung.
Sanjaya, Winna. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik: Konsep, Landasan, Teristik-Praktis dan Implementasinya. Prestasi Pustaka: Jakarta.
Yamin, Moh. 2015. Teori Dan Metode Pembelajaran. Madani: Jakarta.
Zanah, Choirul Nanik. (2012). Penerapan Model Tps Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas Xb Smk 4 Bandar Lampung. (Skripsi) Universitas Lampung: Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v4i3.12094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia