PERBANDINGAN MODEL PBL DAN CPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN MINAT BELAJAR
Abstract
The study is based on the low ability to think critically and interest learn from the classroom X in SMA Negeri 1 Seputih Mataram. The purpose of this research is the use of models creative the problem solving (CPS) and models based learning (PBL) to see a difference in the capacity think critically with regard to student learning interest. The methodology used is the apparent experiment. With look at the level eksplanasinya, this research is comparative research. Engineering data collection is done through the survey and observation. To test the instrument use of tests, reliability, the different and level of trouble. Analysis techniques data using analysis variant two roads and the t. The research results show that (1) there is a difference in reflect critical students who had use the model learning cps with of students who are taught use the model learning PBL, (2) the ability of reflect critical of students who use learning model CPS lower than pembelajarannya use the model learning PBL for students who are learning low interest, (3) the ability of reflect critical of students who use learning model CPS higher than pembelajarannya use the model learning PBL for students who are learning high interest, and (4) there are interactions among learning model with interest student learning to subjects sociology
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa di kelas X di SMA Negeri 1 Seputih Mataram. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan model Creative Problem Solving (CPS) dan model Model Based Learning (PBL) untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan memperhatikan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan eksperimen semu. Dengan melihat tingkat eksplanasinya, penelitian ini tergolong penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas, reliabilitas tes, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalan dan uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan berfikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL, (2) kemampuan berfikir kritis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL bagi siswa yang tergolong minat belajar rendah, (3) kemampuan berfikir kritis pada siswa yang menggunakan model pembelajaran CPS lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL bagi siswa yang tergolong minat belajar tinggi, dan (4) ada interaksi antar model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi
Kata kunci: CPS, kemampuan berpikir kritis, minat belajar, PBL
Full Text:
PDFReferences
Anggara, Ahmad Ary. 2014. Penerapan Pembelajaran Cooperative Problem Solving (Cps) Disertai Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013 (Tesis). Universitas Sebelas Maret: Surakarta
Djaali. 2012. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga: Jakarta.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesional Guru. Kata Pena: Jakarta.
Permana, Jaka. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Sosial (Social Problem Based Learning Methods) dalam Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kepekaan Sosial Siswa Sekolah Dasar (Studi eksperimen kuasi penerapan pembelajaran berbasis masalah sosial pada pelajaran IPS di kelas V SDN Tikukur Kota Bandung) (Tesis). Program Pasca Sarjana UPI: Bandung.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS konsepdan Pembelajaran. Rosda: Bandung.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. RinekaCipta: Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implemnetasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas: Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v4i3.12091
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia