PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN
Abstract
The aims of this research were to improve the social skill and students achievement by using role play method. The method which was used in this research was classroom action research. This research was conducted at SDN 1 Gedung Gumanti, Pesawaran and subject of research was students of grade V in the first semester in academic year 2014/2015. This research was conducted in 3 cycles. Data collecting technique used observation sheet, interview, and test data were analyzed using qualitative descriptive. The result showed that social skill of the students improved before cycle was 37,5%, after treatments in cycle III improved 86%, and average of student score had improvement from 43,5 before cycling, and 82,5 after treatment in cycle III. In short, role play method can be used as an interesting learning method for students so that it could be achieved the goal in learning like social skill and students achievement.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa dengan metode bermain peran (role playing). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan dilaksanakan di SD Negeri 1 Gedung Gumanti Kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian siswa kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi, lembar wawancara, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan siklus sebesar 37,5%, setelah tindakan siklus III meningkat menjadi 86% dan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan siklus sebesar 43,5, setelah tindakan siklus III meningkat menjadi 82,5. Kesimpulannya metode bermain peran dapat dikemas menjadi pembelajaran yang sangat menarik oleh siswa sehingga dapat mengasilkan tujuan pembelajaran yang diinginkan salah satunya adalah keterampilan sosial dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: bermain peran, hasil belajar, keterampilan sosial
Full Text:
PDFReferences
Ahman. 1998. Efektifitas Bermain Peran Sebagai Model Bimbingan Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Berkemampuan Unggul. (hasil penelitian). Bandung: IKIP.
Kashollah, Kasiani. 1988. Pelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.
Masnur, M. 2010. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.
Pargito, 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Semiawan, C. R dkk. 1984. Memupuk bakat dan kreativitas siswa sekolah menengah. Jakarta: Gramedia.
Suryabrata. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyanto. 1996. Pendidikan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan dan Kebudayan.
Yustiana, Yusi. R. 1999. Pengalaman Belajar Awal Yang Bermakna Bagi Anak Melalui Aktivitas Bermain. Tesis. Bandung: Universitas Indonesia.
Zuhairini, dkk. 1983. Metodik khusus pendidikan agama Islam dilengkapi dengan sistem modul dan permainan simulasi. Surabaya: Usaha Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v3i3.10344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Address:
The Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung City
Lampung Province, Indonesia