PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Agus Wantoro Saputra, I Wayan Mustika, Riyan Hidayatullah

Abstract


The problem of this research was how the learning process and learning outcomes of muli siger dance learning using demonstrative method in extracurricular activities at SMPN 10 Bandar Lampung. This type of research was qualitative descriptive research. Source of the data obtained in this study were the supervising teacher of extracurricular dance and 12 students who participated in extracurricular dance. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The procedure of demonstrative, first was opening, second was delivering materials, third was teachers demonstrate the motion, fourth was giving the opportunity for students to practice, fifth was evaluation, and sixth was closing. Assessment was given through three aspects: wiraga, wirama, wirasa and assessment of student learning activities. On learning outcomes of muli siger dance it can be seen that the average student got a good criteria with an average value of 75.75.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari muli siger menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler tari dan 12 siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur metode demonstrasi, pertama membuka pembelajaran, kedua menyampaikan materi, ketiga guru mendemonstrasikan gerak, keempat memberi kesempatan kepada siswi berlatih, kelima evaluasi, dan keenam menutup pembelajaran. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu wiraga, wirama, wirasa dan penilaian aktivitas belajar siswa. Pada hasil pembelajaran tari muli siger dapat diketahui bahwa rata-rata siswi mendapatkan kriteria baik dengan kemampuan gerak siswi yang semakin meningkat dan mendapat rata-rata nilai 75,75.

Kata kunci : pembelajaran, metode demonstrasi, tari muli siger.


Full Text:

PDF

References


Fadillah, 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Hamdani, 2011. Srategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka Setia

Hamalik, Oemar 1994. Kurikulum dan pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Mustika, I Wayan 2012. Tari Muli Siger. Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran