PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI LAMPUNG MENGGUNAKAN MODEL GERLACH DAN ELY DI SMA
Abstract
The purpose of the research was to describe the process and the outcomes of learning using Gerlach and Ely model. The researcher used descriptive qualitative research design .Population and the samples of the research were the teacher and 27 students grade XI MIPA 1 of SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Techniques that were used to collect the data were observation, interview, practice test, and non-practice test. The researcher applied Gerlach and Ely model on the learning of basic motion of Lampung dance from the first meeting to the end of the research. Evaluation was based on two aspect; wiraga (gesture) and wirasa. Beside that, the researcher gave the evaluation of teaching learning process on every meeting. The result of this research by using Gerlach and Ely model showed that the assesment of all aspects from Lampung dance motion got fairly-good predicate with an average value of 65.1.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan model Gerlach dan Ely. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah guru tari SMA Negeri 9 Bandar Lampung dan 27 siswa XI MIPA 1. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data : observasi, wawancara, dokumentasi, tespraktik dan non-tes. Model Gerlach dan Ely diterapkan pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung dari pertemuan pertama hingga akhir. Penilaian diberikan melalui dua aspek yaitu wiraga dan wirasa. Selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran gerak dasar tari Lampung dengan menggunakan model Gerlach dan Ely menunjukan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian gerak dasar tari Lampung mendapat criteria cukup dengan rata-rata nilai 65,1.
Kata kunci : model Gerlach dan Ely, pembelajaran, tari Lampung
Full Text:
PDFReferences
Amri, S.2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Jakarta: PT Prestasi Pusta Karya
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mustika, I. 2013. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Sumberjaya: Anugrah Utama
Rusman.2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran