PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN MODEL DIRECTIVE LEARNING DI SD N 2

Resa Dwi Cahyani, hasyimkan hasyimkan, fitri daryanti

Abstract


In this research, the background of problem was how to be able learning muli siger dance using directive learning model especially at class VI of SD N 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung academic year 2014/2015. The research purpose was to describe the process and the learning result of muli siger dance by using directive learning model at SD N 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. The theories which were used in this research were learning, dance, muli siger dance, and directive learning model. The data was collected by observation, interview, documentation, practice test, and non-test by using descriptive qualitative research design. The learning result of muli siger dance was very good criteria with score of 88 and the students activity was very good criteria with score of 84.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran tari muli siger menggunakan model directive learning di kelas VI C SD N 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari muli siger menggunakan model directive learning di kelas VI C SD N 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran, seni tari, tari muli siger dan model directive learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik, dan nontest dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Hasil pembelajaran tari muli siger memperoleh kriteria baik sekali dengan nilai 88, dan aktivitas siswi memperoleh kriteria baik sekali dengan nilai 84.

Kata kunci: model directive learning, pembelajaran, tari muli siger.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayat, R. 2005. Wawasan Seni Tari. Malang: Perpustakaan Nasional

Husamah. 2013. Outdoor learning. Jakarta: Prestasi Pustaka

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Mustika, I. 2013. Tari Muli Siger. Bandar Lampung: AURA

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran