PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X.MIA.2 DI SMAN 2 KOTA METRO

Dwi Saktia Ningrum, Fitri Daryanti, Susi Wendhaningsih

Abstract


This research was aimed to describe process and steps in the scientific approach
X.MIA.2 class at SMAN 2 Metro City in sigeh penguten dance learning. This
study used a qualitative descriptive study. The process of learning dance sigeh
penguten scientific approach with six aspects namely, to observe, ask, reason,
conclude, try, and communicate. The result of learning sigeh penguten dance by
scientific to improve students activity, creativity, and knowledge.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan langkah-langkah
pendekatan saintifik pada kelas X.MIA.2 di SMAN 2 Kota Metro pada
pembelajaran tari sigeh penguten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran tari sigeh penguten menggunakan
pendekatan saintifik dengan enam aspek yaitu, aspek mengamati, menanya,
menalar, mencoba, menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Hasil pembelajaran
tari sigeh penguten menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan
aktivitas, kreativitas, dan pengetahuan siswa.

Kata kunci : pembelajaran, pendekatan saintifik, tari sigeh penguten.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013.Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Publisher.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moelong, J. L. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfaabeta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran