PEMANFAATAN ALAM UNTUK KREATIVITAS GERAK TARI DI SMAN 1 MARTAPURA
Abstract
The problem of this research is how the process and learning outcomes for the utilization of natural creativity dance movement in SMAN 1 Martapura. This research aims to describe the process and learning outcomes for the utilization of natural creativity dance movement in SMAN 1 Martapura. Type of the research is descriptive qualitative research. The research data source is the teacher and student total of 12. The research data collection techniques are observation, interviews, documentation, test practices and non tes. This research instrument is the practice test, student activity sheets and sheets of student creativity process. The results showed that the students were able to be creative through the use of nature. Based on the assessment of creativity, it obtained 76 as good criteria and practice tests that the value is 71 as good criteria.
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran pemanfaatan alam untuk kreativitas gerak tari di SMAN 1 Martapura. Bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran pemanfaatan alam untuk kreativitas gerak tari di SMA N 1 Martapura. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa berjumlah 12. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes. Instrumen penelitian ini, yaitu tes praktik, lembar aktivitas siswa dan lembar proses kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu berkreativitas melalui pemanfaatan alam. Berdasarkan penilaian proses kreativitas diperoleh nilai 76 kriteria baik dan tes praktik diperoleh nilai 71 kriteria baik.
Kata kunci : kreativitas gerak tari, pemanfaatan alam, pembelajaran, penilaian.
Full Text:
PDFReferences
Hadi, Sumandiyo. 2011. Koreografi Bentuk Teknik Isi. Yogyakarta: Multi Grafindo.
Mustika, I Wayan. 2012. Tari Muli Siger. Bandar Lampung: AURA.
Narawati dkk. 2008. Pendidikan Seni dan Perubahan Sosial Budaya. Bandung: Nusa Media.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran