PEMBELAJARANTARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE DRILLDI SMPN 1 JATI AGUNG
Abstract
This study aims to describe the process and outcomes of learning muli siger dance using drill method on the students in SMPN 1 Jati Agung. This research uses descriptive qualitative method. Source of the data obtained in this study were teachers and students of art and culture. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and testing practices. Step by step method using drill, exercises, prioritizingaccuracy ofstudents, taking into account thetraining time, prioritizing core process implementation, and evaluation. Assessment is provided through three aspects wiraga, wirama, and wirasa, but it is also an assessment of student learning activities at each meeting. Learning outcomes muli siger dance using drill method showed that the average assessment of all aspects of muli siger dance got a good criteria on with an average score of 77.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari muli siger dengan menggunakan metode drill pada siswa di SMP Negeri 1 Jati Agung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Langkah langkah penggunaan metode drill, melakukan latihan, mengutamakan ketepatan siswa, memperhitungkan waktu latihan, mengutamakan proses inti pelaksanaan, dan evaluasi. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu wiraga, wirama, dan wirasa, selain itu juga penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran tari muli siger dengan menggunakan metode drill menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari muli siger mendapat kriteria baik dengan rata-rata skor 77.
Kata kunci: pembelajaran, penilaian, tari muli siger.
Full Text:
PDFReferences
Nurgiyantoro.Burhan.2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: FPBS IKIP.
Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Reneka Cipta.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)