PEMBELAJARANTARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE DRILLDI SMPN 1 JATI AGUNG

Ratih Astari, Agung Kurniawan, I Wayan Mustika

Abstract


This study aims to describe the process and outcomes of learning muli siger dance using drill method  on  the  students  in  SMPN  1  Jati Agung. This  research  uses  descriptive  qualitative method.  Source  of  the  data  obtained  in  this  study  were  teachers  and  students  of  art  and culture.  Data  collection  techniques  used  were  observation,  interviews, documentation,  and testing practices. Step by step method using drill, exercises, prioritizingaccuracy ofstudents, taking  into  account  thetraining time,  prioritizing  core  process  implementation,  and evaluation. Assessment is provided through three aspects wiraga, wirama, and wirasa, but it is also an assessment of student learning activities at each meeting. Learning outcomes muli siger  dance  using  drill  method  showed  that the  average  assessment  of  all  aspects  of  muli siger dance got a good criteria on with an average score of 77. 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari muli siger dengan menggunakan  metode  drill  pada  siswa  di  SMP Negeri  1  Jati  Agung.  Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah  guru seni  budaya  dan  siswa.Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Langkah langkah penggunaan metode drill,  melakukan  latihan,  mengutamakan ketepatan  siswa, memperhitungkan  waktu  latihan, mengutamakan proses inti pelaksanaan, dan evaluasi. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu  wiraga,  wirama,  dan  wirasa,  selain  itu  juga  penilaian tentang  aktivitas  belajar  siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran tari muli siger dengan menggunakan metode drill menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari muli siger mendapat kriteria baik dengan rata-rata skor 77.
 
Kata kunci: pembelajaran, penilaian, tari muli siger.


Full Text:

PDF

References


Nurgiyantoro.Burhan.2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: FPBS IKIP.

Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Reneka Cipta.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)