PEMBELAJARAN TARI BEDANA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI 4 METRO
Abstract
The purpose of this study was to describe to describe the process and outcomes bedana dance learning at SMAN 4 Metro by using audio visual media. This research uses descriptive qualitative method. Sources of data used in this study were all students and teachers X.1 arts and culture class. Data collection techniques used were participant observation, interviews, documentation, and assesment practice test. Steps use of visual audio media provide materials on bedana dance, video broadcast bedana dance, students practicing. Assessment is provided through three aspects wirasa, memorizing the sequence of motion and precision motion with music, but also an assessment of student learning activities at each meeting. Bedana dance learning outcomes by using visual audio media show that the average assessment of all aspects of bedana dance got sufficient criteria with an average score of 65.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari bedana di SMA Negeri 4 Metro dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.1 dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Langkah-langkah penggunaan media audio visual memberikan materi tentang tari bedana, menayangkan video tari bedana, siswa mempraktikannya, siswa mempraktikan secara berpasangan. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu wirasa, hafalan urutan gerak dan ketepatan gerak dengan musik, selain itu juga penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran tari Bedana dengan menggunakan media audio visual menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari Bedana mendapat kriteria cukup dengan rata-rata skor 65.
Kata kunci: pembelajaran, penilaian, tari bedana.
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R dan Kosasih, A. 2007. OptimalisasiMedia Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sagala, S. 2008. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)