PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMPN 7 BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Setiadi Raharjo, Fitri Daryanti, Agung Kurniawan

Abstract


This research was aimed to describe the process and learning outcomes using Bedana dance demonstration. This research uses descriptive qualitative method. Source of the data obtained in this study is the cultural art teacher and students VIII.A classes totaling 27 students. Data collection techniques used were participant observation, interview, documentation and practices test. The application of three different methods of demonstration, demonstrate the motion at every meeting conducted repeatedly. Assessment is provided through two aspects, namely rote range of motion and precision motion with music. In addition, the assessment is also about student learning activities for each meeting. The result of Bedana dance by using demonstrated method show that the average score from all aspect, they get average score that is 77.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari Bedana dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa-siswi kelas VIII.A yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Penerapan metode demonstrasi, memeragakan tiga ragam gerak pada setiap pertemuan yang dilakukan secara berulang-ulang. Penilaian diberikan melalui dua aspek yaitu hafalan ragam gerak dan ketepatan gerak dengan musik, selain itu juga penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran tari Bedana dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari Bedana mendapat kriteria baik dengan rata-rata skor 77.
 
Kata kunci: pembelajaran, penilaian, tari bedana.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro. Burhan. 1988. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: FPBS IKIP.

Sanjaya. Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)