PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGASI DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMP WIRATAMA KOTAGAJAH

Tanjung Asmara, Agung Kurniawan, Fitri Daryanti

Abstract


This research was aimed to describe the process  and  the result of Bedana  dance learning in extracurricular activity at JHS Wiratama Kotagajah by using Cooperative learning  method, GI type. This study used  descriptive  qualitative  research. The sources of data taken in this research were dance trainer and students who join in extracurricular activity. The data collecting technique were participant observation, interview, documentation, and practical test. The steps in using Group investigation method were arranging the students into group, planning the assignment that would be learnt, conducting  investigation, preparing the  final  report, presenting the final report, and evaluating. The evaluation was given based on four aspects such as wiraga, wirama, wirasa, and memorizing the kind of movement. Besides, the students’  learning  activity in every meeting was also evaluated. The results of Bedana dance learning through  cooperative learning method, investigation group type showed that some  students from all evaluation aspects of Bedana dance got enough criteria with the average score was 70.77. 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar tari Bedana pada kegiatan ekstrakurikuler  di  SMP  Wiratama  Kotagajah menggunakan metode cooperative learning tipe GI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelatih tari dan siswi yang mengikuti kegiatan  ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data  yang digunakan  adalah observasi  partisipan, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Langkah-langkah penggunaan metode group investigasi, mengatur siswa ke dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi.Penilaian diberikan  melalui  empat  aspek  yaitu  wiraga, wirama,  wirasa  dan  hafalan  ragam gerak, selain itu juga penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil pembelajaran tari Bedana dengan menggunakan metode cooperative learning tipe group investigasi menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian tari Bedana mendapat kriteria cukup dengan rata-rata skor 70,77.
 
Kata kunci: pembelajaran, penilaian, tari bedana.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro. Burhan. 1988. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: FPBS IKIP.

Pidarta. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Suryosubroto. 2011. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Reneka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)