PENERAPAN SAVI DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Miftha Ilhamsyah Putra, Fitri Daryanti, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


The purpose of this research is to describe  the applying of SAVI model in Bedana dance learning in Extracurricular activity of SMP Negeri 10 Bandar Lampung Learn Periode 2013/2014. The subjects of this research are 12 girl students who follow artistic dancing extracurricular. Based on the  data analysis, can be discovered that the applying of SAVI model obtained good criteria with score 72. Teacher obtained excellent criteria with score 94 which is obtained from assessment affiliation from art and culture teacher  and  from  the  questionnaire  result  which  is  given  to  the students. And for student activity, it obtained very good criteria with score 84

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model SAVI dalam pembelajaran tari Bedana pada  kegiatan  Ekstrakurikuler di SMP  Negeri  10  Bandar  Lampung  Tahun Pelajaran  2013/2014. Subyek dalam  penelitian  ini  adalah  siswi  yang  mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler seni tari berjumlah 12 orang. Berdasarkan analisis data dapat  diketahui  bahwa  penerapan  model  SAVI  memeroleh  kriteria baik  dengan nilai 72. Penilaian aktivitas guru memeroleh kriteria baik sekali dengan nilai 94 yang  diperoleh  dari  penggabungan  penilaian  dari  guru  seni  budaya  dan  hasil angket  yang  diberikan  kepada  siswa,  sedangkan  aktivitas  siswa  memeroleh kriteria baik sekali dengan nilai 84.
 
Kata kunci: Penerapan, SAVI, Tari Bedana.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Meier, Dave. 2003. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: PT Kaifa

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)