PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 25 BANDAR LAMPUNG

Nadia Aprina, Susi Wendhaningsih, Fitri Daryanti

Abstract


Issues discussed in this study is learning bedana dance in extracurricular activities at Junior High School 25, Bandar Lampung. This study aimed to describe the learning bedana  dance  in  extracurricular  activities  at Junior  High  School  25,  Bandar Lampung. The  method  used  in  this  research  is  descriptive  qualitative,  which  describes  the activities of teachers and students in learning dance bedana  in extracurricular activities from the first meeting until the fifth meeting. Sources of data in this study are teacher and  22  female  students  who  take  extracurricular  activities.  Data collection  techniques  in  this  study are observation,  documentation,  non  test  and practice. Learning dance bedana in extracurricular activities at Junior High School 25 Bandar Lampung showed good results.

Masalah yang dibahas dalam penelitian  ini adalah pembelajaran  tari bedana  pada ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran  tari pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, mendeskripsikan kegiatan guru dan siswa pada pembelajaran tari bedana pada ekstrakurikuler dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima. Sumber dalam penelitian ini adalah guru dan 22 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik, observasi, dokumentasi, non tes dan tes praktik. Pembelajaran tari bedana  pada ekstrakurikuler di SMP Negeri 25 Bandar Lampung menunjukan hasil yang baik.


Kata kunci : ekstrakurikuler, pembelajaran, tari bedana


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M, Sardirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Firmansyah Junaidi, Hafizi Hasan, dan M. Kamsadi. 1996. Mengenal Tari Bedana. Halaman 2. Gunung Pesagi: Bandar Lampung.

Permendiknas No 22 Tahun 2006.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)