PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN TARI BEDANA SISWA SMPN 1 BATANGHARI NUBAN

Gracia Gesti Nawangsasi, Agung Kurniawan, Susi Wendhaningsih

Abstract


 

The purpose of this study was to describe the use of media in instructional dance videos Bedana SMPN 1 Batanghari Nuban. Methods of this study uses a qualitative descriptive approach. Sources of data in this study were eighth grade students who are 20 students consisting of 12 girls and 8 boys. Data collection techniques and the role of observation observation of direct observations, interviews, and documentation. Guide research instrument using observation, interview guides, documentation guide, student activity assessment guide, user's video media, and guide assessment practice test. Video media can facilitate students to learn the Bedana dance that had never known before. Learning outcomes Bedana dance using video media that is getting an average value of 74 with sufficient criteria. Ratings given by the three indicators namely wiraga , wirama and wirasa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media video pada pembelajaran tari bedana SMPN 1 Batanghari Nuban. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa yang tediri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data observasi berperan serta yaitu obeservasi pengamatan secara langsung, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi, panduan penilaian aktivitas siswa, panduan penggunaan media video, dan panduan penilaian tes praktik. Media video dapat mempermudah siswa untuk mempelajari tari Bedana yang belum pernah diketahui sebelumnya. Hasil pembelajaran tari Bedana menggunakan media video yaitu mendapatkan rata-rata nilai 74 dengan kriteria cukup. Penilaian diberikan melalui tiga indikator yaitu wiraga, wirama dan wirasa.

Kata kunci: media video, SMPN 1 batanghari nuban, tari bedana


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Peningkatan Keimanan Dan Ketaqwaan Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler. Depdiknas: Jakarta.

Firmansyah, Janaidi, dkk. 1996. Mengenal Tari Bedana. Gunung Pesagi: Bandar Lampung.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)