Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran seni budaya dikarenakan wabah covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran seni budaya di SMP negeri 1 Labuhan Maringgai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan 31 siswa kelas VIII 5 dan 24 siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data verifikasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran seni budaya dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan dan pembelajaran berlangsung dengan metode blended learning, pada pembelajaran online guru menggunakan aplikasi Google classrom.
Kata kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Seni Budaya, Blended Learning
Full Text:
PDFReferences
Afrizal Yudha Setiawan, Y., Dwiyana Habsary, D., & Bulan, I. (2021, February). Virtual Choir: Bentuk Penyajian Paduan Suara di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid 19: Peluang dan Tantangan (pp. 22-29). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.Sibuea, H. Y. P. (2021). Pembatas Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) Darurat Jawa dan bali.
Apriastuti, F. P., Djau, N. S., & Muniir, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Seni di SMA Negeri 11 Pontianak.
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta. Rineka Cipta. Hlm 413.
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629-4637.
Kemendikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Kemendikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka dI SMK Negeri 2 Toraja Utara pada Masa Pandemi. 10(01), 37–45.
Margono, S. 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461-4469.
Rizal, M., Afrianti, R., & Abdurahman, I. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) bagi Pelaku Bisnis Coffe shop pada Masa Pandemi Terdampak COVID-19 di Kabupaten Purwakarta The Impact of the Policy for Implementing Community Activity Restrictions for Coffee Shop Businesses during the COVID-19 Pandemic Era Affected in Purwakarta Regency.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.