Langkah Kreatif Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Masa Pandemi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran seni budaya di masa pandemi. Kreativitas guru seni budaya perlu dituangkan agar dapat berinovasi menciptakan media -media pembalajaran. Metode kualitatif dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas guru dalam pembelajaran seni budaya di masa pandemi dalam mengajarkan materi pembelajaran. Di berbagai tingkatan sekolah, mata pelajaran seni dan budaya merupakan pendidikan untuk menanamkan nilai – nilai keindahan yang terkandung dalam seni berbasis budaya. Proses kreativitas sangat berkaitan erat dengan guru, kreativitas sangat diperlukan bagi guru dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran yang bisa menghambat keberhasilan proses pembelajaran.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Daring, Seni budaya
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Laila, S., & Ardipal, A. IMPLEMENTASI TAHAP KREATIVITAS DAVID CAMPBELL PADA GRUP MUSIK RIAU RHYTHM CHAMBERS INDONESIA. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 114-120.
Purnaningtyas, A., & Suharto, S. (2010). Pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran seni budaya SMP. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 10(1).
Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3604-3611.
Rahmawati, R., Rahmah Dianti Putri, R., Nurdin, N., APRILIANTI, A., & Valensy Rachmedita, V. R. (2022). Efektifitas Implementasi Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 10(3), 1-8.
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.