Pengaruh Pertunjukan Seni Virtual Terhadap Mahasiswa Seni Tari
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pertunjukan seni virtual terhadap pendidikan seni tari akibat adanya wabah penyakit covid 19 sehingga proses belajar dan pembelajaran dilakukan secara daring hal itu mempengaruhi keberlangsungan keefektifan mahasiswa seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pertunjukan seni virtual terhadap pendidikan seni tari dengan menggunakan metode observasi wawancara dan studi dokumen sehingga penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Kemunculan pandemi Covid19 memotivasi berbagai elemen masyarakat untuk menciptakan sebuah dunia seni baru, yaitu dunia seni virtual, tak terkecuali para penggiat dan pelaku tari. Fenomena tari virtual diartikan sebagai eksistensialisme dalam era modernitas di masa pandemi untuk menjaga keberlanjutan tari di tengah masyarakat. Pertunjukan virtual merupakan bentuk solidaritas untuk saling membantu penari, koreografer dan seluruh komunitas tari, mahasiswa seni Tari untuk terus berkarya dan membuat pertunjukan untuk mengekspresikan diri serta mempertahankan eksistensi tari dengan dukungan teknologi di media sosial.
Kata Kunci : Pertunjukan Seni, Virtual, Seni Tari
Full Text:
PDFReferences
Azizah, S. F. (2021). Penyelenggaraan Sala Hatedu 2021 Secara Virtual Wujud Mempertahankan Eksistensi Event Budaya Di Era Pandemi. TAMUMATRA: Jurnal Seni Pertunjukkan, 3(2).
Devega, A. T., Ambiyar, A., Panyahuti, P., Adi, N. H., & Riyanda, A. R. (2022). The Effectiveness Of Learning Media On The Outcome Of Computer And Basic Network of Vocational Students. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN, 5(2), 47-52.
Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3604-3611.
Rahmah, M. E., & Nikita, J. (2022). Dampak Penggunaan Teknologi dan Pameran Virtual pada Komunitas Seni Lokal Selama Pandemi. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 10(1), 9-18.
Ramadani, R. S., Kurniawan, A., & Juwita, D. T. (2020). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN. Jurnal Seni dan Pembelajaran, 8(1).
Setiawan, A. Y., Adzan, N. K., & Putra, R. W. (2021). PERSEPSI SISWA SMA DI BANDAR LAMPUNG TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PLATFORM SENI PERTUNJUKAN VIRTUAL. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 6(2).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.