PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI MELINTING MENGGUNAKAN METODE TGT PADA EKSTRAKURIKULER SMAN 13 BANDAR LAMPUNG

Isnaeni Setiowati, Agung Kurniawan, Dwi Tiya Juwita

Abstract


This research aims to describe a learning of melinting dance using Teams Games Tournament (TGT) cooperative method. This research is a qualitative descriptive research. The data was obtained throught observation, interview and documentation. The teacher used TGT method in five meetings. First, the teacher presented the material about motion of melinting dance in a class. Second, the teacher divided students into several groups. Third, the teacher started game by giving instruction to practice the motion that have been taught to students. Fourth, the teacher reviewed the material became a question that have been practiced in the previous meeting as the tournament game. Fifth,the teacher announced the winner and gave the reward to the group. Students learning outcomes are able to practice the motion of melinting dance with the average score 93.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ragam gerak tari melinting menggunakan metode kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru menggunakan metode TGT melalui lima tahapan, yaitu tahap pertama guru memberi materi ragam gerak tari melinting dalam penyajian kelas. Tahap kedua guru membagi menjadi beberapa kelompok. Tahap ketiga guru memulai game dengan menginstruksikan untuk mempraktikkan ragam gerak yang sudah diajarkan. Tahap keempat guru mengulas materi sebagai soal yang sudah dipraktikkan pada pertemuan sebelumnya sebagai tournament. Tahap kelima guru mengumumkan kelompok yang menang kemudian diberi penghargaan. Hasil belajar siswa mampu mempraktikkan tari melinting dengan nilai rata-rata diperoleh siswa yaitu 93.

 

Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran, Tari melinting


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Igama IV, Sultan Ratu Idil Muhamad Tihang. (2011). Mengenal dari Dekat Tari Daerah Lampung. Lampung: Bukit Ilmu.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Miles, B. Mathew dan Michael H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Tentang Metode-Metode Baru. Tjetjep R, penerjemah. Jakarta: UIP.

Narimawati, Umi. (2008). Metodologi Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Medi.

Suarjana. (2000). Metode Pembelajaran Kooperatif Teams Game Tournament. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syafii, Djatmiko. (2003). Materi dan Pembelajaran Kertakes. Jakarta: UT.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Seni dan Pembelajaran