Media E-Learning Berbasis Web Enhanced Course dalam Pembelajaran Tari di SMK Ma'arif 5 Kotagajah
Abstract
This research discusses about the teacher’s preparations in selecting, planning, and making web enhanced course-based of e-learning media are and the result of the media. This research aims to describe how the teacher’s preparations in selecting, planning, and making web enhanced course-based of e-learning media are and how the result of the media is. This qualitative research used descriptive approach. Whereas the data analysis technique was concerned with data reduction stage, data presentation stage, and versification stage (drawing a conclusion). The teacher’s steps in selecting, planning, and making the media are divided into four stages. First, determining the kind of media. Second, observing the subject. Third, making the media. Fourth, implementing the media. The result of web enhanced course based of e-learning media is video.
Penelitian ini membahas tentang persiapan guru dalam memilih, merancang dan membuat media e-learning berbasis web enhanced course dan hasil dari media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan guru dalam memilih, merancang dan membuat media e-learning berbasis web enhanced course dan mendeskripsikan hasil dari media tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam memilih, merancang dan membuat media e-learning berbasis web enhanced course meliputi empat proses. Proses pertama yaitu menentukan jenis media. Proses kedua yaitu mempertimbangkan subjek. Proses ketiga yaitu menyajikan media. Proses keempat yaitu memperlihatkan media. Hasil dari media e-learning berbasis web enhanced course adalah berbentuk video.
Kata Kunci: Media E-learning, Pembelajaran, Tari Bedana, Web Enhanced Cource.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khuluqo, El Ihsana. (2017). Belajar dan pembelajaran konsep dasar metode dan aplikasi nilai-nilai spiritual dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jakni. (2016). Metodologi penelitian eksperimen bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, H. (2007). Media pembelajaran e-learning. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Satori, Djam’an & Komariah, Aan. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Eveline & Nara, Hartini. (2017). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian kuatitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, Eko Putro. (2017). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.