Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Strategi Inkuiri Deduksi Terbimbing pada Ekstrakurikuler di SMA Negeri 11 Bandar Lampung

Agung Ayu Made Pranadewi, I Wayan Mustika, Goesthy Ayu Mariana Devi Lestari

Abstract


Teaching bedana dance throught inquiry deduction strategy in extracuriculer at SMA Negeri 11 Bandar Lampung was conducted to see the process and learning outcomes of bedana dance based on the constructivistik theory. This research is a qualitative descriptive research that directly observes the proceses and results of learning bedana dance by using inquiry deduction strategy. The learning process through 5 stages: students response, building atmosphere, processing information, and evaluating. Learning outcomes are measured by using indicators of wirga, wirama, wirasa, and memorization of motion in the learning process in each meeting and by observing practical tests at the end of the meeting. Based on the observation scores of the practical test outcomes all of students obtain an average score of 79.2 with good criteria.

Pembelajaran tari bedana menggunakan strategi inkuiri deduksi terbimbing pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 11 Bandar Lampung dilakukan untuk melihat proses dan hasil belajar tari bedana dengan teori konstruktivistik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang mengamati secara langsung proses dan hasil dari pembelajaran tari bedana menggunakan strategi inkuiri deduksi terbimbing. Proses pembelajaran melalui 5 tahapan yaitu perencanaan, respons siswa, membangun suasana, memproses informasi, dan evaluasi. Hasil pembelajaran diukur dengan menggunakan wiraga, wirama, wirasa, dan hafalan gerak pada proses pembelajaran disetiap pertemuan serta dengan pengamatan tes praktik pada akhir pertemuan. Berdasarkan nilai pengamatan tes praktik hasil belajar seluruh siswa memperoleh nilai rata-rata 79,2 dengan kriteria nilai baik.

Kata kunci: strategi inkuiri deduksi terbimbing, proses dan hasil pembelajaran, tari bedana.


Full Text:

PDF

References


Anam,K. (2017). Pembelajaran berbasis inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih,A. (2004). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka.

Satori & Komatiah. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setyamidjaja,D. (2002). Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Seni dan Pembelajaran